Waspada, Virus Zika Sangat Berbahaya Terhadap Ibu Mengandung!

Posted on 2016-02-04 17:56



Hari ini nama virus Zika tiba-tiba menjadi sangat popular. Ia telah menimbulkan keresahan masyarakat, terutama saat dikatakan penyebab bayi yang dilahirkan berkepala kecil di Brazil adalah karena virus tersebut.

Berikut beberapa fakta tentang virus Zika supaya anda lebih berwaspada dan mengambil langkah berjaga-jaga terutama bagi wanita mengandung.

1. Virus Zika (Zee-ka) ditemukan kali pertama pada monyet di Uganda pada tahun 1947. Namanya diambil dari sebuah hutan Zika yaitu lokasi di mana virus itu ditemui.

2. Virus ini berasal dari wilayah tropika Afrika dan mewabah ke Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik dan muncul di Brazil pada tahun lalu.

Loading...
3. Virus Zika disebarkan melalui gigitan dari nyamuk dengan jenis yang sama yang menyebarkan penyakit tropika yang lain seperti dema denggi, chikungunya dan demam kuning.

4. Badan Kesehatan Dunia memberitahukan virus Zika dengan cepat merebak di Amerika karena virus ini tergolong baru.

5. Banyak orang masih tidak kebal dengan virus ini dan nyamuk Aedes ada di mana saja. Hanya Kanada dan Chile yang tidak mempunyai nyamuk jenis ini.

6. Orang yang dijangkiti virus Zika tidak jatuh sakit. Simptom utama virus zika adalah sakit kepala, ruam pada kulit, sakit sendi dan mata kemerahan.

7. Dikatakan virus ini sama seperti denggi yang sehingga kini belum ada obat spesifik yang bisa menyembuhkannya.

8. Yang paling mengkhawatirkan adalah kabar virus Zika yang merebak bisa menyebabkan risiko kecacatan otak kepada bayi dalam kandungan dan menyebabkan bayi lahir dengan masalah kepala kecil berbanding ukuran normal atau di sebut microcephaly serta mengganggu perkembangan otak.

9. Virus Zika bisa menyerang janin dalam kandungan ibu di awal trimester tetapi ia juga dikatakan memberi risiko kepada ibu yang sudah memasuki trimester akhir kehamilan.

10. Walaupun Kementrian belum mengesahkan tanda-tanda virus ini di Indonesia, namun di sekitar kita banyak berseliweran nyamuk aedes yang menjadi pembawa virus ini.

11. Semua wajib diingatkan agar melindungi diri daripada gigitan nyamuk aedes yang paling aktif pada waktu pagi selain menjaga kebersihan kawasan rumah daripada menjadi pembiakan nyamuk aedes.

12. Wanita hamil juga diminta tidak bepergian ke 22 negara di benua Amerika Latin iaitu Bolivia, Brazil, Colombia, Ecuador, El Salvador, French Guiana, Guatemala, Guyana, Honduras, Mexico, Panama, Paraguay, Suriname dan Venezuela. Di Caribbean: Barbados, Guadeloupe, Haiti, Martinique, St. Martin dan Puerto Rico, Cape Verde, di luar pantai barat Afrika dan Samoa di Pasifik Selatan.

Semoga bermanfaat, Mohon bantu sebarkan kepada yang lain!






Loading...




Cerita Unik Lainnya