Ternyata Madu Obat Insomnia! Baca 5 Manfaat Tersebut

Posted on 2016-05-06 23:24



Madu ialah cairan mirip dengan sirup yang dihasilkan oleh koloni lebah. Madu memiliki rasa yang sangat manis, ada beberapa madu yang terkadang memiliki rasa pahit. Ada banyak jenis madu di pasaran. Semua memiliki manfaat yang sama dalam menyembuhkan maupun menjaga kesehatan. Banyak orang menjual madu sebagai obat. Hal ini tak terlepas dari banyaknya manfaat madu. Salah satu khasiat dari madu ialah sebagai obat insomnia. Insomnia? Bagaimana bisa? Berikut kita simak.

Membuat tubuh rileks

Fakta membuktikan bahwa untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Maka kita perlu untuk memberi asupan triptofan untuk tubuh. Triptofan adalah zat yang dapat merangsang sinyal relaksasi menuju otak pada saat terlelap. Madu mengandung triptofan yang cukup. Maka tak heran jika madu disebut sebagainsalah satu obat insomnia. Dengan kualitas tidur yang baik tentu anda akan terbebas dari gangguan kurang istirahat akibat insomnia.

Tidur pulas

Loading...

Madu memiliki kandungan asam amino triptofan yang mampu mengatasi gangguan tidur, sehingga bisa tercapai tidur yang pulas. Selain itu menurut, Michael McInnes dari Pharmaceutical Society mengatakan bahwa mengkonsumsi satu atau dua sendok makan madu sebelum tidur mampu membuat kualitas tidur lebih baik tanpa menambah berat badan.

Meningkatkan melatonin

Melatonin merupakan suatu hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal yang terletak pada otak. Melatonin berfungsi  untuk membantu menjaga siklus tidur dan bangun pada tubuh. Mengapa madu bisa meningkatkan produksi melatonin? Madu seperti makanan manis lainnya memiliki efek untuk menenangkan, namun madu lebih menguntungkan karena madu hanya meningkatkan sedikit kadar gula dalam tubuh.

Mengurangi stress

Banyak faktor yang menjadi pemicu insomnia. Salah satunya ialah stres. Jika anda mengalami stres, dapat dijamin anda tidak akan nyaman ketika tidur di malam hari. Oleh sebab itu mengonsumsi madu sebelum tidur akan menyebabkan produksi hormon penyebab stres menjadi berkurang sehingga tidur akan menjadi lebih nyenyak. Madu berperan penting dalam menyimpan glikogen. Glikogen dibutuhkan oleh tubuh, karena ketika hati kehabisan glikogen maka otak akan memacu hormon stres seperti kortisol dan adrenalin untuk mengkonversi otot protein menjadi glukosa yang akhirnya mengganggu kualitas tidur dan akhirnya membuat susah tidur.

Memproduksi energi

Menurut penelitian, salah satu penyebab susah tidur ialah ketika perut kosong. Jika anda ingin memperoleh cukup energi tanpa ragu kelebihan berat badan, anda dapat memilih madu sebagai alternatifnya. Kandungan gula alami dalam madu pun bisa menciptakan energi sehingga perut kosong menjadi teratasi, gula juga mampu menciptakan energi saat malam hari.

Semoga bermanfaat.


Loading...




Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-04-26 05:58