Temuan Emil Dardak Saat Memandikan Jenazah Sang Adik Mengungkap Misteri Kematiannya

Posted on 2018-12-15 13:20



Adik Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, kematiannya menjadi sorotan masyarakat. Eril Ario Listianto yang biasa disapa dengan panggilan Eril ini ditemukan dalam keadaan tak bernyawa pada Rabu (12/12/2018) pagi. Sempat tersiar kabar jika Eril dibunuh, polisi pun menyelidiki penyebab kematian Eril Dardak.

Tim Inafis Satreskrim Polrestabes Bandung menggelar olah tempat kejadian perkara (T‎KP) di tempat kos Eril Ario Listianto Dardak di Jalan Dago Asri Kecamatan Coblong Kota Bandung, Kamis (13/12/2018).  Olah TKP diperlukan untuk mengumpulkan barang bukti.

Autopsi terhadap jenazah Eril sendiri tidak dilakukan karena orang tua korban tidak mengizinkan. Polisi berbekal tabung helium, selang dan sejumlah peralatan tabung kecil serta plastik yang menutupi sebagian kepala dan wajah Eril.

Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema mengatakan, tabung tersebut nyambung dengan selang yang terhubung ke plastik berwarna putih. mSeperti diketahui, plastik itu tampak menutup sebagian kepala hingga di atas mulut Eril saat ditemukan sudah tak bernafas di kosnya.

Loading...

"Pada saat ditemukan, awalnya tabung yang ada di TKP tersambung selang ke plastik yang menutup sebagian kepala korban‎, jadi menutup kepala korban ini tidak seluruh kepala hingga leher, tapi dari kepala hingga di atas mulut," ujar Irman.

Adapun terkait tabung bertuliskan HE, temuan awal polisi menduga tabung itu berisi Helium, sebuah gas tidak beracun. Sebelumnya banyak beredar jika Eril meninggal akibat dibunuh, namun Emil Dardak Kakak kandung dari Eril membantah hal itu. Sementara itu, sang kakak Emil Dardak mengatakan bahwa adiknya meninggal karena penyakit jantung.

"Penyebabnya sakit jantung," ujar Emil Dardak saat di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis, (13/12/2018).

Suami Arumi Bachsin ini berkesimpulan serangan jantung merenggut nyawa adiknya setelah menemukan tanda di tubuh Eril Dardak. Saat memandikan langsung sang adik Eril melihat dari bagian dada hingga kepala biru-biru dan menurutnya itu ciri-ciri penyakit jantung. Tetapi Emil baru mengetahui jika sang adik mengidap penyakit jantung.

"Setahu saya dia gak ada riwayat jantung," ujarnya.

Pemakaman almarhum Eril dilaksanakan di TPU Tanah Kusir, jenazah berserta rombongan tiba pada pukul 13.50 WIB. Kakak dari Eril, Emil Dardak beserta sang ayah, dan sang adik Eron Ariodito turun langsung untuk memakamkan Eril.

Polisi akan mendalami lagi fakta Eril Ario Listianto Dardak atau Eril Dardak, adik kandung Bupati Trenggalek, Emil Dardak yang meninggal di tempat kosnya di Kota Bandung, Rabu (12/12/2018).

"Hasil olah TKP tidak ada tanda-tanda kekerasan‎. Tapi kami akan dalami lagi, kami akan buat tim untuk menyelidiki lagi terkait ini meskipun tak ditemuakn tanda-tanda luka. Kami mau otopsi tapi orang tua tidak mengizinkan," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Bandung, AKBP M Rifai saat dihubungi pada Kamis (13/12/2018).

Fakta tidak ditemukan kekerasan didukung oleh kondisi kamar kos Eril Dardak. Menurutnya, saat kejadian, pintu terkunci.

"Di belakang tidak ada akses orang masuk karena dia di lantai tiga. Enggak ada akses untuk meloncat karena tinggi, tapi kami akan dalami lagi," ujar dia.

Polisi belum bisa memastikan penyebab kematian Eril Dardak. Salah satunya karena otopsi tiak diiizinkan keluarga

"‎Jadi saya tak bisa katakan dia bunuh diri atau dibunuh orang karena kalau dibunuh pasti ada tanda-tanda melawan atau apa, ini d TKP tidak ada tanda kekerasan, di visum untuk mengetahui penyebab kematian kan harus otopsi, kami kesulitan karena orang tua tidak izinkan," ujar Rifai.

Adapun hal yang akan dilakukan polisi yaitu memeriksa sejumlah saksi di tempat kosnya. Termasuk, memeriksa teman - teman Eril Dardak.

"Akan ditindaklanjuti dengan menggali keterangan dari teman, organisasi atau kisaran lain," ujarnya.

"Jam 8 dia masih ketemu satpam, ada paket, paket apa akan kami dalami," ujar dia.




Loading...




Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-05-04 23:21