Sering Pakai Sandal Jepit Berbahaya? Benarkah?

Posted on 2016-04-26 06:06



Sandal jepit sangatlah populer di Indonesia. Sandal jepit sempat populer di luar negeri, yang menyebabkan populernya sandal jepit adalah sandal jepit ini dipakai oleh seorang artis yang berasal dari korea. Selain murah, sandal jepit mudah digunakan dan paling nyaman jika digunakan baik itu saat musim kemarau bahkan musin hujan.

Tak hanya itu hal unik dari sandal jepit adalah tersedia dalam banyak varian warna dan kombinasi warna. Ini yang membuat sandal jepit diminati karena terlihat lebih casual dan modis. Tapi di balik kesederhanaanya, ada bahaya yang mengintai para pengguna sandal jepit. Seperti apa dampak negatifnya? Mari kita simak dibawah ini.

Seperti dimuat laman WebMD, Rabu (29/7/2015), ahli bedah ortopedi dari American Orthopaedic Foot and Ankle Society, John G. Anderson, MD mengatakan, sandal jepit begitu populer selama musim panas, namun sandal ini tidak dapat memberikan perlindungan pada bagian bawah kaki. "Sandal jepit boleh digunakan untuk menghindari licin saat ke kamar mandi atau di sekitar kolam renang. Namun, jangan gunakan sandal ini sehari-hari apalagi untuk olahraga atau mendaki," katanya.

Jika dibandingkan dengan sepatu, sandal jepit cenderung menyebabkan sakit kaki, tendinitis dan resiko mudah terkilir. "Sandal jepit menawarkan sedikit perlindungan. Anda berisiko lebih besar untuk menginjak kaca atau benda berat lain hingga patah atau kuku robek," ungkapnya.

Loading...

Anderson juga menyampaikan jika resiko lainnya ialah mengakibatkan sakit pada pinggul, lutut, dan cedera pada punggung. Ia juga berpendapat permukaan sandal jepit yang rata dapat menyebabkan plantar fasciitis yaitu radang jaringan bagian bawah kaki senhingga menimbulkan kaki kesemutan. Andreson juga memberi pesan, "Setidaknya, pilih sandal jepit yang memiliki lengkungan sesuai telapak kaki dan gunakan di waktu yang tepat," ungkapnya.

 

Sebarkan, semoga bermanfaat.


Loading...




Cerita Unik Lainnya