Rekaman Detik-Detik Mencekam Saat Perumahan Di Palu Bergerak Sendiri Akibat Gempa, Ambles Dan Hancur

Posted on 2018-10-01 15:32



Bangsa Indonesia kembali dihantam bencana alam, gempa berkekuatan 7,4 SR menghantam Donggala, disusul dengan Tsunami Palu. Bencana ini menyapu kawasan Kota Palu, menimbulkan kerusakan yang begitu besar. Seperti perumahan Balaroa Palu yang bergerak akibat tsunami. Rumah yang berjejer ini, bergerak sendiri, bangunannya mendadak ambles dan hancur ditelan bumi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho membagikan video kejadian tersebut melalui Twitter. Pada video itu, terekam permukaan tanah retak dan membelah. Rumah-rumah itu bergetar dan bergerak sendiri. Bangunan tersebut pun roboh tertelan tanah, suaranya bergemuruh. Sementara itu, warga di sekitarnya terlihat panik dan berlarian.

Menurut Supoto Purwo Nugroho, kejadian itu disebabkan proses likuifaksi dan amblesan akibat gempa Donggala bekekuatan 7,4 SR, yang juga mengduncang Kota Palu. Ia menyebut, diperkirakan banyak korban yang terjebak di kawasan perumahan Balaroa, Palu. Berikut ini video perumahan Balaroa Palu bergerak sendiri seperti ditelan bumi.

"Perumahan Balaroa ambles karena efek likuifaksi, karena lumpur," kata Sutopo Purwo Nugroho.

Loading...

Kepala Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko menjelaskan, likuifaksi ini terjadi karena tanah kehilangan kekuatannya akibat gempa. Guncangan gempa ini menyebabkan peningkatan tekanan air. Sementara itu, daya ikat tanah justru melemah.

Hal inilah yang menyebabkan sifat tanah berubah, dari padat menjadi cair. Ia pun menyebut, likuifaksi ini bukan fenomena aneh. Likuifaksi ini kerap terjadi di Indonesia. Prosesnya memang terlihat seolah-olah rumah ditelan bumi. Videonya klik di sini




Loading...




Cerita Unik Lainnya