Penyebab dan Pantangan Insomnia, Penting! Jika Tidak Baca

Posted on 2016-05-04 23:25



Insomnia merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami gejala berupa sulit tidur dimalam hari. Hal ini berdampak pada penderita insomnia yang tidak dapat memenuhi kebutuhan tidur berkualitas. Tidak hanya menggangu dalam segi kualitas tidur, insomnia juga berdampak pada aktifitas di pagi maupun siang hari. Secara umun, insomnia ditandai dengan gejala susah tidur, sering terbangun, uring-uringan dan gelisah ketika tidur.

Jenis-jenis Insomnia

Berdasarkan gejala medis dan psikologis yang dialami oleh penderita insomnia, insomnia dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Insomnia temporer adalah jenis insomnia yang berlangsung dalam waktu singkat, biasanya kurang dari satu minggu. Pengaruh lingkungan dan stres biasanya adalah faktor yang memicu munculnya insomnia temporer.

Loading...

Insomnia akut adalah kondisi di mana penderita mengalami gangguan tidur dalam kurun waktu sekitar satu bulan. Insomnia akut biasanya ditandai dengan penderita yang tetap mengalami gangguan tidur pada saat mulai tidur atau pada saat sudah tertidur sekalipun.

Insomnia kronis adalah jenis insomnia yang terjadi dalam kurun waktu lebih dari satu bulan. Seseorang yang mengalami insomnia kronis akan mengalami gejala yang relatif parah seperti halusinasi (seperti melihat benda yang seolah-olah bergerak lamban) dan mengalami masalah penglihatan, di mana penderita akan melihat benda yang sebenarnya tunggal seolah-olah ganda.

Dampak dari Insomnia

Insomnia sudah tentu akan menyebabkan gangguan pada tubuh penderitanya. Adapun beberapa dampak yang ditimbulkan akibat insomnia adalah:

  • Insomnia bisa jadi menjadi penyebab kematian di usia yang relatif muda.
  • Fungsi otak akan mengalami kerusakan sehingga otak akan kehilangan memorinya.
  • Jika insomnia terjadi dalam kurun waktu yang terlalu lama, bisa jadi insomnia akan menyebabkan kematian pada penderitanya karena menderita kelelahan.
  • Insomnia dapat menyebabkan tremor dan gemetar di bagian seluruh tubuh.
  • Insomnia dapat memicu depresi pada penderitanya, bahkan bisa mendorong seseorang untuk melakukan bunuh diri.
  • Bisa jadi penderita insomnia menderita paranoid dan rasa ketakutan yang berlebihan terhadap sesuatu hal, padahal menurut orang lain sesuatu yang menyebabkan ketakutan penderita insomnia adalah hal yang tidak mengancam sama sekali.
  • Menyebabkan gangguan jiwa bipolar.
  • Meningkatkan resiko penyakit hipertensi.
  • Menyebabkan gejala serangan jantung.
  • Meningkatkan resiko obesitas.
  • Dapat memicu munculnya penyakit kanker.
  • Sering mengalami kondisi berbicara saat tidur (ngelindur).

Makanan yang harus dihindari

  • Makanan pedas adalah salah satu jenis asupan yang harus Anda hindari. Jenis makanan pedas adalah jenis asupan yang dapat menghilangkan rasa kantuk, akibatnya tubuh akan terserang insomnia. Selain itu, bahaya makanan pedas juga dapat memicu panas dalam dan juga gangguan pencernaan seperti diare.
  • Teh hitam adalah jenis minuman yang sering digunakan untuk mengecilkan perut buncit. Teh hitam sering dimasukkan dalam menu orang-orang yang sedang diet. Namun, bagi Anda yang sedang mengalami insomnia ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi teh hitam. Teh hitam akan menghilangkan rasa kantuk sehingga memicu insomnia.
  • Kopi adalah salah satu minuman yang mengandung kafein yang berguna sebagai stimulan bagi tubuh. Mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan tubuh terjaga lebih lama dan kesulitan tidur biasanya adalah gejala umum yang diakibatkan oleh asupan kopi. (baca juga: kopi bagi penderita stroke)
  • Coklat hitam adalah jenis coklat yang mengandung kafein. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kafein adalah salah satu jenis stimulan yang dapat menyebabkan insomnia.

Solusi yang dapat anda coba ialah dengan mendengarkan beberapa musik jenis klasik. Musik dipercaya dapat memengaruhi gelombang otak agar lebih merasa rileks dan tenang. Dengan kondisi ini otak akan terangsang untuk membuat anda mengantuk di malam hari. Selai itu, anda dapatmencoba untuk minum air hangat sebelum tidur agar suhu tubuh anda menjadi stabil dan meningkatkan kualitas tidur anda.

Semoga bermanfaat.

 


Loading...




Cerita Unik Lainnya