Otak Manusia Hanya Butuh 12 Watt Untuk Bekerja

Posted on 2016-04-21 19:00



Otak manusia merupakan salah satu organ yang paling menarik dan bersifat komplek. Dengan otak kita dapat  mengendalikan seluruh gerakan tubuh dan perasaan serta pemikiran. Mulai dari pola pikir, pola gerak, sampai perasaan. Rata-rata otak manusia hanya digunakan sebesar 10%. Dengan nilai tersebut otak manusia bisa berpikir secerdas dan semaju ini.

Jika kamu berfikir keras akan terasa cukup mengguras banyak tenaga bukan?, maka wajar jika kamu merasa letih sesudahnya. Namun, apakah kamu tahu bahwa sebenarnya otak manusia hanya membutuhkan daya  sekitar 12 watt untuk bekerja?

Jika dibandingkan dengan komputer tentu otak manusia masih memiliki keunggulan. Keunggulan tersebut yaitu dapat menyimpan berjuta-juta memori tanpa kehilangan kecuali terjadi kecelakaan yang cukup serius. Berbeda dengan data yang disimpan dikomputer maupun harddrive sangat riskan keamanannya.

Menurut berbagai macam penelitian, ukuran otak manusia tidak lebih dari 1,4 Kg atau kira-kira 2% dari berat tubuh total. Namun, konsumsi energinya cukup besar yakni 20% dari total enegi tubuh atau Resting Metabolic Rate (RMR). Nilai rata-ratanya sekitar 1.300  kilokalori/hari.

Loading...

Besarnya  RMR sangat bervariasi tergantung dari usia, berat badan, dan aktifitas yang dilakukan. Namun yang jelas, 20 persen dari RMR tidak akan cukup untuk membuat kurus karena angkanya hanya sekitar 260 kilokalori yang dihasilkan secara bertahap sebanyak 10,8 kilokalori perjam.

Energi yang di gunakan otak lebih rendah jika di bandingkan dengan lampu pada lemari pendingin. Jika dikonversikan agar dapat dibandingkan dengan konsumsi daya pada peralatan listrik, maka akan diketahui hasil jumlah kalori yang dibutuhkan otak sangatlah kecil. Berikut ini perhitungannya seperti dikutip dari Huffingtonpost, Jumat (20/7/2012).

 

RMR: 1.300 kilokalori (kkal) 1.300 kkal selama 24 jam = 54,16 kkal/jam = 15,04 kal/detik 15,04 kal/detik = 62,93 joule/detik = 63 watt 20 persen dari 63 watt = 12,6 watt

 

Berdasarkan hasil tersebut, dapat dibuktikan bahwa daya yang dibutuhkan otak untuk berpikir setara dengan daya yang dibutuhkan oleh lampu pijar 12 watt. Jika kamu menggunakan lampu dengan daya sekecil ini, cahaya yang dipancarkan tidak terlalu menyilaukan mata dan cocok digunakan untuk lampu tidur.

Namun rendahnya konsumsi daya pada otak juga menunjukkan bahwa organ ini bekerja dengan sangat efisien. Bandingkan dengan superkomputer Watson milik IBM misalnya, yang tergantung pada 90 unit server IBM Power 750 yang masing-masing membutuhkan daya 1.000 watt.

Pesannya adalah, jangan pernah berpikir bahwa hanya dengan banyak berpikir saja maka tubuh akan kekurangan banyak energi jika dibandingkan dengan menggunakan fisik. Butuh olahraga fisik untuk membakar lebih banyak kalori, selain itu banyaklah mengonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi seperti ikan sebagai Brain food kamu.




Loading...




Cerita Unik Lainnya