Mulai Sekarang Jangan Takut Konsumsi Gula

Posted on 2016-05-02 21:15



Banyak orang ragu untuk mengomsumsi gula. Kebanyakan orang ragu karena tidak berani dengan resiko yang akan didapat. Resikonya ialah terserang kencing manis dan kegemukan. Pada saat ini mengonsumsi menjadi perdebatan. Jika anda tidak sedang menderita kencing manis tentu mengonsumsi gula adalah kewajiban anda.

Mengonsumsi gula anda perlu tahu takaran yang tepat dan berapa jumlah yang dibutuhkan tubuh anda. Fruktosadan gula adalah karbohidrat. Keduanya mengandung 4 kalori per gram konsumsi dan tak memiliki serat. Artinya, sebagian akan masuk ke dalam tubuh tanpa dicerna dan umumnya kurang bergizi.

Meskipun demikian, gula merupakan sumber energi untuk menghasilkan energi secara instan. Gula amat membantu untuk membangkitkan tenaga dan konsentrasi otak. Dengan alasan tersebut, gula amat disarankan untuk dikonsumsi sebelum latihan dan olahraga. Hal lain yang perlu anda ketahui, selain cepat menambah energi, gula juga cepat membuat anda mengalami kelelahan. Untuk itulah anda lebih disarankan untuk tidak banyak mengonsumsi gula pada sore maupun malam hari.

Selama anda tidak melakukan kegiatan fisik yang ekstrem, kurangilah gula pasir. United States Department of Agriculture menyarankan setengah kalori yang kita dapat berasal dari karbohidrat. Gula yang didapat secara alami dari buah dan sayuran lebih baik karena ada nutrisi baik lain yang ikut terserap. Gula pasir atau pemanis lain harus sesuai dengan kalori yang kita makan setiap hari. Jumlah yang disarankan 100-300 kalori per hari. Ini kira-kira setara dengan secangkir kopi, selembar roti, dan dua telur orak-arik.

Semoga bermanfaat.






Cerita Unik Lainnya