Mengejutkan! Ternyata Peta Perasa Lidah Hanyalah Mitos, Berikut Penjelasan yang Benar

Posted on 2016-05-17 23:56



Saat masih sekolah dasar, anda mungkin pernah akan dikenalkan oleh guru biologi anda tentang peta perasa lidah. Contohnya seperti pengecap pahit ada pada bagian belakang atau pangkal lidah, bagian manis ada pada sisi-sisi lidah. Namun, apakah hal itu benar?

Fakta menjelaskan, hal tersebut tidak benar dan hanya mitos semata. Hal ini mendorong para ilmuan untuk meneliti indera pengecap kita. Bagian-bagian yang dahulu dikenal hanyalah mitos dan tidak benar secara fisik. Lantas bagaimana yang benar dan bagaimana lidah dapat membedakan rasa pada setiap makanan? Berikut penjelasannya.

Organ lidah kita bekerja pada ribuan sensor pada lidah. Para peneliti menemukan sensor ini tersebar luas pada seluruh permukaan lidah. Fungsi sensor ini adalah untuk meneruskan reaksi rasa yang didapat lewat sel yang selanjutnya menuju otak. Hal inilah yang menyebabkan anda dapat merasakan berbagai rasa lewat makanan yang anda konsumsi.

Fakta yang benar ialah sensor atau reseptor yang ada di lidah ini, akan mengirimkan sinyal yang akan diolah oleh otak kita, bukan oleh lidah yang selama ini dipelajari. Penelitian ini juga memungkinkan Anda untuk bisa merasakan makanan yang tidak anda sukai.

Fakta ini juga diperkuat oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Colombia. Dalam melakukan analisa pada 8000 orang terhadap indera pengecapnya. Tidak ada peta yang terlihat di lidah kita tentang rasa, yang selama ini kita pelajari di sekolah. Perlu diketahui penelitian mengenai hal ini belum final dan perlu penelitian secara lanjut.

Semoga bermanfaat








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-04-28 00:31