Mengatasi Rasa Kantuk yang Terus Menerus

Posted on 2016-05-04 23:21



Rasa kantuk merupakan gejala biologis yang wajar dan normal. Rasa kantuk adalah sinyal tubuh untuk menyampaikan bahwa anda butuh istirahat. Rasa kantuk sangat penting bagi manusia karena tanpa rasa kantuk, kita akan cenderung lupa bahwa tubuh kita perlu istirahat dan tidur. Tidur merupakan salah satu aktifitas penting. Tidur merupakan sebuah kewajiban makluk hidup. Jika anda tidak tidur selama lebih dari 24 jam dapat berpengaruh terhadap kesehatan anda, oleh karena itu rasa kantuk sangat dibutuhkan sebagai pengingat bahwa tubuh anda butuh tidur.

Proses terjadinya kantuk terjadi dari sel-sel otot dan organ tubuh yang membutuhkan regenerasi. Sel-sel tubuh akan mengirimkan sebuah sinyal ke otak dan otak akan memprosesnya. Hasil prosesnya ialah membuat anda selalu menguap. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi rasa kantuk yang terus menerus dan berlebihan? Mari kita simak dalam artikel ini.

Tidur Cukup

Jika anda mengalami rasa kantuk secara terus menerus dan menggangu anda. Mungkin tubuh anda ingin mengajak anda untuk beristirahat. Cara yang baik untuk mengatasi rasa kantuk adalah dengan tidur yang cukup. Tidur yang cukup akan membatu sel-sel tubuh anda meregenerasi kembali.

Loading...

Pola Makan yang Baik

Untuk mengatasi rasa kantuk anda perlu memenuhi energi anda yang cukup. Rasa kantuk biasanya disebabkan oleh kurangnya energi dalam tubuh. Saran yang dapat diberikan ialah mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga pola makan anda sehari-hari.

Minum Air Putih yang cukup

Minum air putih yang cukup dianjurkan sebanyak 8 gelas sehari. Rasa kantuk bias disebabkan oleh turunnya konsentrasi akibat kekurangan air. Maka dari itu, untuk mengatasi rasa kantuk anda dapat mencukupi kebutuhan air anda sehari-hari dengan minum air putih sesuai saran.

Hindari Stres

Tahukah anda jika stres mampu menyebankan kantuk? Dalam kondisi stres otak akan mudah merasa bosan sehingga mengakibatkan rasa kantuk. Maka dari itu sempatkan diri anda untuk mendapatkan hiburan yang cukup untuk mecegah stres berlebihan.

Periksa Volume dan Tekanan Darah Anda

Kantuk juga dapat disebabkan oleh kurangnya tekanan darah anda. Tekanan yang rendah ini membuat tubuh terasa lemas dan muncul rasa kantuk. Maka dari itu, penting jika anda memeriksa tekanan darah anda agar suplai darah ke otak terpenuhi dan tidak mengakibatkan kantuk berlebihan.

Semoga bermanfaat.


Loading...




Cerita Unik Lainnya