Manfaat Tape Yang Perlu Diketahui

Posted on 2016-04-23 18:00



Siapa yang tak kenal dengan tape? Tape adalah salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki banyak peminatnya. Peminat tape tak hanya dalam negeri saja namun juga berasal dari luar negeri. Pada umumnya tape dibuat secara tradisional. Hal tersebut dikarenakan cara pembuatan secara tradisional dapat menambah cita rasa dan aroma.

Tape merupakan makanan yang dihasilkan dari proses fermentasi antara dua bahan yaitu karbohidrat dan ragi. Pada umumnya tape dibuat dari dua bahan yaitu dari singkong dan beras ketan. Tape singkong terbuat dari hasil fermentasi antara singkong dan ragi. Sedangkan, tape beras ketan umumnya terbuat dari bahan dasar yang berbeda yaitu beras ketan putih dan beras ketan hitam. Untuk menghasilkan tape ketan ini prosesnya adalah sama seperti membuat tape singkong.

Tape ketan jarang dijual dipasaran, berbeda dengan tape singkong yang mudah ditemukan dipasaran. Hal tersebut dikarenakan khususnya orang Jawa dan Sunda hanya membuat tape ketan untuk disajikan di acara-acara tertentu saja seperti perayaan pernikahan, acara syukuran maupun hari haya. Namun tahukah kamu bahwa dibalik mengonsumsi tape dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh?

Tape yang rasanya kurang pas jika tidak dikonsumsi dalam keadaan dingin. Jika kalian hobi mengonsumsi tape kurang afdol rasanya jika kalian tidak mengetahui manfaat tape bagi kesehatan. Berikut ulasan yang dilansir dari situs early.com. kandungan asam laktat sangat banyak ditemukan di tape. Kandungan asam laktat sangat berguna bagi kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol dan mencegah terjadinya pertumbuhan sel-sel kanker. Didalam tape juga mengandung zat besi yang bagus untuk menanggulangi anemia. Selain itu tape juga baik untuk melancarkan pencernaan karena kandungan serat yang tinggi. Kandungan lain dari tape yang tak kalah bermanfaat adalah sifat anti-inflasi atau anti-peradangan, apabila dikonsumsi secara teratur dapat menjaga kesehatan kulit.

Loading...

Hal lain yang perlu diketahui dalam mengonsumsi tape adalah jangan terlalu lama menyimpannya di dalam kulkas karena dapat mengubah kandungan nutrisi dan mikroba menjadi jahat sehingga dapat mengganggu kesehatan.




Loading...




Cerita Unik Lainnya