Manfaat Lada Hitam Yang Jarang Diketahui

Posted on 2016-04-27 00:10



Lada hitam adalah salah satu jenis rempah-rempah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Secara umum biasanya lada hitam digunakan sebagai bahan penyedap masakan.

Jenis rempah-rempah ini telah digunakan sebagai penambah bumbu masakan sejak zaman nenek moyang bangsa Indonesia. Namun, dibalik manfaat dalam hal masakan. Lada hitam memiliki banyak manfaat yang jarang diketahui oleh masyarakat pada umumnya.

Namun, tahukah anda bahwa lada hitam dapat digunakan sebagai pengusir hama tikus dan mengentikan pendarahan pada luka? Berikut contoh manfaat lada hitam yang jarang diketahui.

Meredakan Nyeri Otot

Loading...

Jika anda menderita nyeri otot, cukup membuat anda merasa terganggu dalam beraktifitas bukan? Nyeri otot sering disebabkan oleh banyaknya aktifitas berat yang membuat otot terasa nyeri dan tegang. Jika tidak segera diatas, rasa nyeri tersebut akan membuat anda merasa jengkel dan menggangu aktifitas anda. Namun, tahukah anda bahwa sejak dahulu lada hitam dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri pada otot bagian tubuh. Caranya cukup mudah anda dapat mengoleskan campuran lada hitam dan kunyit yang telah dihaluskan dengan ditambah sedikit minyak sayur pada bagian otot yang sakit.

Mengurangi Kecanduan Merokok

Aroma yang dihasilkan oleh lada hitam cukup khas. Menurut hasil penelitian di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa aroma lada hitam dapat mengurangi tingkat kecanduan rokok. Aroma dari minyak lada hitam dapat memberikan rasa rileks dan mampu menghentikan kebiasaan merokok. Uji coba pertama dilakukan pada beberapa sukarelawan. Hasil uji coba penelitian tersebut menyatakan bahwa menghirup aroma minyak lada hitam memiliki sensasi yang sama dengan menghisap rokok. Dapat disimpulkan seorang perokok dapat menghirup aroma minyak lada hitam ketika rindu menghisap rokok.

Hilangkan Rasa Nyeri Gigi

Apa yang anda rasakan ketika sakit gigi? Tentu anda akan merasa jengkel dan mudah marah. Terlebih jika anda mendengar suara keras dan berisik. Tentu emosi anda akan mudah meningkat. Selain mengganggu aktifitas anda, sakit gigi juga sangat membuat anda kurang percaya diri. Untuk meredakan rasa nyeri gigi anda dapat mengoleskan lada hitam yang sudah dihaluskan kemudian dicampur dengan sedikit air pada pipi yang sakit. Atau anda dapat membuat obat kumur dari lada hitam. Cukup menambahkan satu sendok teh lada hitam bubuk dengan segelas air hangat yang telah dicampur dengan sedikit garam.

Menghentikan Pendarahan Pada Luka

Manfaat lain lada hitam adalah sebagai obat untuk menghentikan pendarahan dan menutup luka. Zat yang terdapat pada lada hitam dapat mengentalkan darah sehingga pendarahan dapat dicegah dan dihentikan dengan sempurna. Selain itu lada hitam bersifat anti bakteri dan mampu mencegah infeksi.

Mengusir tikus

Tikus merupakan hama nomor satu didapur Mengusir tikus bukanlah perkara mudah dan cukup membuat jengkel. Untuk mengusir tikus anda dapat menaburkan lada hitam disekitar dapur anda. Aroma pedas yang dihasilkan lada hitam sangat pedas dan tidak disukai oleh tikus. Cara ini cukup ampuh untuk mengusir tikus secara sederhana didapur anda.

Diatas adalah berbagai macam manfaat diperoleh dari lada hitam yang jarang diketahui. Apakah anda masih berpendapat bahwa lada hitam hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur?




Loading...




Cerita Unik Lainnya