Manfaat Amoxicillin Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

Posted on 2016-05-03 20:10



Apakah anda pernah mendengar obat jenis ini? Ya, amoxicillin merupakan salah satu obat dan bahan kimia yang umum serta akrab di telinga anda. Amoxicillin merupakan salah satu bahan kima aktif yang sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan obat antibiotik. Biasanya, obat ini diberikan kepada seseorang yang mengalami penyakit yang berhubungan dengan infeksi maupun penyakit yang disebabkan bakteri. Jika anda mengalami gelaja penyakit akibat bakteri, biasanya dokter akan memberi anda obat amoxicillin. Amoxicillin hanya boleh dikonsumsi menurut resep dokter. Biasanya jarang ada apotek yang mau menjual obat-obatan dengan kandungan amoxicillin secara bebas tanpa resep dari dokter. Nah, lalu apa manfaat lain dari amoxicillin yang tak kalah pentingnya? Mari kita simak dibawah ini.

1. Mengatasi dan mencegah berbagai infeksi

Manfaat utama amoxicillin adalah sebagai obat yang membantu menangkal dan mencegah berbagai macam infeksi pada tubuh. Segala infeksi dapat sembuh tidaknya tergantung dari menggunakan amoxicillin. Selain itu, penggunaan amoxicillin harus diimbangi dengan makan teratur, menjaga jam tidur, dan hindari kontak dengan benda dan zat kimia yang mengandung bakteri selama proses penyembuhan.

2. Membunuh bakteri penyebab penyakit

Loading...

Selain dapat mencegah masuknya bakteri ke dalam tubuh kita, amoxicillin juga sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri yang sudah terlanjur masuk dan juga menginfeksi tubuh kita. Dengan bantuan amoxicilin, maka bakteri yang tinggal dan sudah tumbuh di dalam tubuh kita dapat terhenti perkembangannya dan pada akhirnya terbunuh. Dengan begitu, amoxicilin dapat membantu tubuh dalam menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri.

3. Meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh

Manfaat lain dari amoxicillin yang tak kalah pentingnya ialah sebagai peningkat kekebalan tubuh. Jika anda mengalami sakit sehingga tubuh anda demam dan lemas, maka dengan adanya amoxicillin kondisi anda akan membaik. Hal ini dikarenakan amoxicillin sangat baik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain mengetahui manfaat yang didapat dari amoxicillin kita perlu mengetahui batasan dosis dan efek samping yang didapat. Batasan dosis penggunaan amoxicillin biasanya diberikan atas resep dokter selama 7 hari hingga 14 hari. Dosis yang dianjurkan adalah 500 hingga 1500 mg amoxicilin untuk 7 hingga 14 hari. Terkadang, dosis ini dapat berubah, tergantung dari berat badan pasien, dan juga kondisi fisiologis pasien lainnya.

Selain manfaat, amoxicillin juga memberikan efek samping. Hal ini tak terlepas dari resiko menggunakan bahan kimia sebagai pengobatan. Beberapa efek samping dan gejala-gejala kesehatan tubuh lainnya yang dapat muncul karena konsumsi amoxicilin yang melebihi dosis, ataupun mengalami alergi terhadap amoxicilin ialah ruam, mual, muntah, sakit kepala, diare dan gangguan pada ginjal. Demikianlah beberapa manfaat dari amoxicillin yang jarang diketahui.

Semoga bermanfaat.


Loading...




Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-04-23 18:20