Ketika Dehidrasi Mana Yang Cocok? Air Putih atau Minuman Isotonik

Posted on 2016-05-02 21:18



Banyak sekali iklan yang bertema dengan dehidrasi di berbagai media. Dehidrasi adalah kondisi kekurangan cairan yang diperlukan tubuh karena keadaan tertentu akibat aktifitas sehari-hari. Dehidrasi bisa dialami setiap orang di berbagai rentang usia.

Elvina Karyadi, dokter spesialis gizi klinis dari lembaga Micronutrient Initiative, menyebutkan “Kecepatan pengosongan dan penyerapan cairan di usus kecil setiap orang berbeda-beda. Ini juga perlu diperhatikan,”

Menurut beliau, untuk memilih cara yang tepat untuk mengatasi kebutuhan cairan adalah dengan melihat aktifitas yang anda lakukan. Contohnya jika anda sedang berolahraga tentu anda akan kekurangan banyak sekali cairan tubuh dari pada orang lain yang hanya duduk-duduk saja.

Maka dari itu anda harus tau dan dapat membedakan berdasarkan kebutuhan cairan dan tingkat keparahan. Berdasarkan keluarnya cairan, dehidrasi terbagi menjadi hipotonik, yaitu air yang keluar lebih banyak daripada ion termasuk natrium; isotonik, yaitu air dan ion terbuang dalam jumlah sama; dan hipertonik, yaitu ion keluar lebih banyak ketimbang air. Klasifikasi ini yang dijadikan acuan dalam memilih rehidrasi alias cara mengatasi masalah tersebut.

Loading...

Penyebab dehidrasi yang parah dalat bersumber dari berbagai macam aktifitas anda dan ketika anda menderita diare. Orang yang mengalami dehidrasi dapat diketahui dari sikapnya yang gelisah, kurang fokus dan lemas.

Grace Tumbelaka, pakar kedokteran olahraga dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, membagi tingkat keparahan dehidrasi berdasarkan keluarnya cairan. Dehidrasi disebut ringan apabila jumlah cairan yang keluar di bawah 5 persen dari berat badan. Bila cairan yang keluar 5-10 persen, dehidrasi tergolong sedang. “Kalau sudah di atas 10 persen, itu dehidrasi berat,” kata Grace.

Untuk anda pengemar kopi lebih disarankan untuk lebih banyak meminum air putih. Alasannya adalah kopi mengandung zat diuretik. Zat diuretik bersifat mengeluarkan cairan tubuh anda sehingga mengakibatkan anda mengalami dehidrasi yang tidak semestinya.

Semoga bermanfaat.


Loading...




Cerita Unik Lainnya