Ketahuilah 3 Jenis Ikan Ini Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Posted on 2016-05-11 20:08



Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang sangat tinggi akan gizi dan zat-zat yang berguna bagi tubuh. Ikan sudah lama dikonsumsi oleh manusia dan menjadi salah satu menu makanan yang populer di Asia. Ikan terkenal akan kandungan lemak sehat dan omega 3. Jika anda ingin mengonsumsi makanan hewani tanpa khawatir lemak jahat, makan ikan lah jawabannya.

Karena kelezatan berbagai olahan ikan, ikan banyak ditangkap secara besar-besaran. Hal ini akan merusak ekosistem dan membuat pencemaran lingkungan kian berkembang. Jika hal tersebut dibiarkan akan mengontaminasi ikan-ikan di laut. Namun, tahukah anda dibalik mengonsumsi ikan ada dampak buruknya bagi kesehatan? Dampak buruk ini lebih banyak disebabkan oleh pencemaran lingkungan. Lantas, jenis ikan apa saja yang rawan dan berbahaya bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

Hiu

Loading...

Hiu adalah predator puncak di lautan. Namun, jenis ikan ini mulai terancam punah akibat perburuan yang berlebihan. Ikan hiu banyak diburu untuk diambil sirip dan minyak lemaknya. Ikan hiu yang akan buruk bagi kesehatan, jika ikan hiu tersebut banyak terpapar pencemaran air laut.

Menurut laporan CNN sejak 20 tahun yang lalu, tingkat merkuri dalam ikan hiu dapat menyebabkan hilangnya koordinasi, kebutaan, dan bahkan kematian. Terlebih, tingkat merkuri pada daging hiu dinilai semakin meningkat akhir-akhir ini. Selain itu, sebuah laporan tahun 2004 rekomendasi EPA ialah: "Jangan makan hiu, ikan todak (swordfish), king mackerel, atau tilefish karena mengandung kadar merkuri yang tinggi.”

Ikan Orange Roughy

Ikan jenis ini adalah salah satu ikan yang dikenal lezat dan mudah ditemui di berbagai restoran seafood. Namun, dibalik kelezatannya ternyata ikan ini memiliki paparan merkuri yang tinggi jika terkena polusi dilautan. Menurut Environmental Defense Fund, ikan ini sudah mengandung tingkat merkuri yang tinggi, sehingga berbahaya jika dikonsumsi. Selain tak sehat, keberadaan jenis ikan ini terancam punah. Anda disarankan memakan ikan laut dalam lainnya, seperti ikan arctic char, sole, atau skate, yang tak kalah lezat namun tak terancam punah.

Tuna

Ikan Tuna ialah ikan yang cukup populer di kalangan para pecinta seafood. Sayangnya, tuna jenis ini semakin langka akibat permintaan yang berlebihan di negara-negara dengan penjualan sushi terbanyak, seperti Jepang. Dampak buruk jika mengonsumsi ikan ini ialah sama seperti jenis ikan sebelumnya yaitu paparan merkuri yang berbahaya bagi tubuh. Paparan merkuri sangat tidak baik bagi tubuh karena menjadi pemicu timbulnya sel kanker dalam tubuh.

Jika Anda makan berlebihan, maka anda dianggap tidak peduli terhadap kelangsungan hidup ikan ini. Saran yang dianjurkan adalah jauh lebih baik memilih jenis tuna yang berbeda seperti ikan ekor kuning, tuna jenis pacific yellowfin, atau albacore tuna. Albacore tuna adalah jenis tuna yang biasa Anda temukan di tuna kalengan.


Loading...




Cerita Unik Lainnya