Ketahuilah 10 Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan

Posted on 2016-04-23 18:10



Daun mint merupakan daun yang cukup populer di seluruh penjuru dunia. Ciri khas daun ini cukup mudah dikenali yaitu daunnya yang bergerigi dan memiliki aroma yang khas, jika dimakan daun ini memberikan rasa manis yang memberikan sensasi sejuk. Daun mint sejak dahulu dikenal sebagai campuran masakan maupun minuman. Di era modern daun mint banyak dimanfaatkan untuk campuran minuman dingin, salad, permen, dan campuran tembakau rokok.

Daun mint atau tanaman mint dikenal dengan nama latin Minta Spacata. Kabarnya, daun mint termasuk dalam salah satu jenis tanaman herbal tertua di dunia. Dengan adanya informasi tersebut tak heran jika sejak dahulu daun mint banyak dimanfaatkan sebagai penguat rasa makanan dan minuman. Selain itu daun mint juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Umumnya daun mint dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut karena memiliki rasa dan aroma yang segar. Selain itu, juga banyak manfaat dibalik daun mint yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Seperti yang dikuti dari disehat.com, inilah manfaat daun mint yang wajib diketahui.

1. Mencegah Penyakit Kanker

Loading...

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi ini terdapat di dalam daun mint. Antioksidan dan vitamin C berperan untuk menangkal efek radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya, salah satunya adalah kanker.

2. Mengatasi Gangguan Sistem Pernafasan

Banyak orang yang mengetahui daun mint mempunyai aroma menthol yang jika dihirup memberikan rasa nyaman dan lega pada hidung yang tersumbat. Selain itu, aroma mentol ini berguna untuk melonggarkan kontraksi bronkus, sehingga dapat mengobati penyakit asma.

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan.

Kandungan effect anastesia di dalam daun mint berfungsi untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti meringankan sakit perut, meringankan kram perut dan dapat digunakan untuk mengobati masuk angin.

4. Menambah Nafsu Makan

Aroma yang dihasilkan daun mint dipercaya dapat menambah nafsu makan ketika dihirup. Sehingga cara ini dapat digunakan untuk orang yang ingin menambah berat badan secara ideal.

5. Mengatasi Rasa Stres

Aroma menthol didalam daun mint juga dapat dimanfaatkan untuk aromatherapy. Aroma ini dapat merilekskan tubuh dan pikiran sehingga dapat mengatasi stress dengan cukup baik.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain aroma menthol yang khas, daun mint juga memiliki kandungan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun agar tubuh tetap fit dan bugar.

7. Mengatasi Rasa Nyeri

Sifat anti-inflamasi dan kandungan anastesia di dalamnya dapat digunakan untuk mengatasi dan meringankan rasa nyeri.

8. Mengobati Maag

Pada umunya obat maag dibuat dengan aroma menthol. Kandungan methol yang terdapat di daun mint ini dapat menetralkan asam lambung dan mengatasi rasa nyeri.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam daun mint pada digunakan untu merawat kesehatan kulit. Hasil dari penggunaan daun mint adalah untuk menghaluskan kulit, menjaga kelembaban kulit dan mengencangkan kulit.

10. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lain dari daun mint yang cukup bermanfaat adalah untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan kandungan nutrisi dari daun mint mempunyai kemampuan untuk membakar lemak berlebih yang terdapat dalam tubuh.

Daun mint yang kecil ini ternyata dapat memberikan manfaat yang besar. Yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi daun mint adalah tidak dianjurkan untuk mengonsumsi secara berlebihan. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dianjurkan untuk mengonsumsi daun mint secara langsung atau juga dalam bentuk ekstrak dengan dosis yang tepat.




Loading...




Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-04-24 05:50