Keputihan Gatal Jangan Digaruk, Baiknya Lakukan Cara Ini

Posted on 2016-02-18 19:39



Masalah wanita yang terkadang membuat tidak nyaman adalah rasa gatal ketika mengalami keputihan. Tidak semua keputihan berbahaya pada jenis tertentu, namun keputihan adalah salah satu tandanya perubahan fisiologis.

Jika mengalami keputihan yang berbau amis, berwarna kekuning-kuningan, keabu-abuan dan kecoklatan disertai dengan rasa gatal ini merupakan tanda keputihan abnormal yang harus segera ditangani.

Seperti dikutip dari doktersehat.com selain gatal ada ciri lain seperti nyeri saat buang air kecil dan yang lebih parah penderita mengalami nyeri pada saat melakukan hubungan seksual.
Keputihan yang disertai dengan rasa gatal seperti ini dapat menular kepada pasangan seksualnya.

Pada pasangan (pria) infeksi jamur akan mempengaruhi Mr.P sehingga menyebabkan merah, mengembangkan lepuh.

Ciri Keputihan Gatal yang Berbahaya :

  • Selangkangan terasa gatal
  • Iritasi yang ditimbulkan rasa gatal berlebih
  • Bau tak sedap
  • Lendir yang dikeluarkan banyak
  • Berwarna kekuning-kuningan, kehijauan, kecoklatan

Mengatasi Keputihan yang Gatal sebenarnya sama saja dengan cara mengatasi keputihan pada umumnya. Walaupun tidak berbahaya seperti kanker rahim, keputihan bisa sangat mengganggu.

Seperti dikutip dari tipsmengatasikeputihan.com cara terbaik untuk mengatasi keputihan adalah dengan cara alami, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami daun sirih.

Loading...
Daun sirih terkenal ampuh sebagai anti biotik, sehingga membersihkan organ kewanitaan dengan air sirih akan membantu menghilangkan kuman dan jamur yang menimbulkan rasa gatal tersebut.

Pengobatan harus lebih serius, karena keputihan yang gatal penyebaran infeksinya lebih parah.

Selain menggunakan bahan alami daun sirih untuk menghilangkan rasa gatal pada keputihan, tedapat cara yang sangat penting dilakukan agar terhindar dari keputihan gatal yang sangat mengganggu tersebut, diantaranya:

Hindari Menggaruk
Menggaruk organ intim ketika gatal malah akan menambah parah. Air panas juga tidak disaankan karena akan membuat Miss.V bertambah merah dan justru membuat gatal bertambah parah.

Menjaga Kebersihan Miss V
Menggunakan pembersih area kewanitaan yang instan tidak selamanya baik apalagi terdapat zat berbahan kimia karena akan merusak perkembangan bakteri baik.
Oleh karena itu bilas dengan air bersih saja lalu keringkan dengan handuk atau tisu.

Mengganti Pembalut
Wanita merasa pembalut yang tidak terlalu banyak darah haid masih aman untuk dipakai, padahal dalam kenyataan nya itu berpotensi menimbulkan iritasi.
Mengganti pembalut yang disarankan yaiitu 4 jam sekali agar terhindar dari bakteri dan jamur.

Mandi Bersih
Gatal yang disebabkan oleh infeksi jamur dapat dihindari dengan rutin berendam air panas dan gunakanlah produk yang mengandung balt salt.

Gunakan air es untuk mengopres atau dengan mengunakan PK yang dicampur dengan air dingin. Ambil 1 sendok teh PK ,campurkan dengan air .

Menjaga Kelembaban

Kelempan ideal Miss.V adalah pH 3,8-4,2 bakteri baik (lackobacillus) akan mengalami peningkatan sehingga dapat menjaga keseimbangan alami.

Untuk tetap menjaga kelembapan gunakan celana dalam katun yang dapat menyerap keringat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.. Mohon bantu sebarkan untuk yang membutuhkan informasi ini.






Loading...




Cerita Unik Lainnya