Kenali Makanan Yang Termasuk “Brain Food”

Posted on 2016-04-25 18:10



Apakah anda tahu apa itu istilah dari brain food? Meskipun anda belum tahu apa istilah tersebut, anda secara tidak sadar sudah sering mengonsumsinya. Istilah dari brain food adalah bahan-bahan makanan yang dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Semua bahan-bahan makanan pasti mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan otak. Namun, ada beberapa jenis bahan makanan tertentu yang memiliki fungsi sebagai perangsang pertumbuhan sel-sel otak, serta meningkatkan kerja dan konsentrasi. Tahukah anda jika otak memiliki milyaran sel-sel dan meregenerasi ratusan sel-sel yang rusak setiap harinya?

Otak adalah organ manusia yang sangat istimewa. Otak berfungsi sebagai sistem ditubuh kita. Dari sistem tersebut kita dapat mengendalikan anggota tubuh kita. Selain itu otak juga dapat menyimpan memori yang cukup banyak dan tak mudah hilang kecuali jika terjadi kecelakaan yang cukup serius. Maka dari itu, mari kita kenali jenis makanan apa saja yang dapat membantu meningkatkan kemampuan otak kita.

1. Ikan Salmon

Bahan makanan yang pertama adalah ikan salmon. Bahan makanan ini cukup populer sebagai Brain Food di seluruh dunia. Hal ini karena ikan salmon banyak mengandung sumber asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang terbaik. Zat yang sangat dominan terhadap pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan asupan asam lemak omega-3 lebih banyak akan memiliki pikiran yang lebih tajam.

Loading...

2. Oatmeal

Bahan makanan yang selanjutnya adalah oatmeal. Bahan makanan ini sangat populer sebagai sereal untuk sarapan pagi. Selain itu, oatmeal juga kaya akan kandungan  seng, potasium, vitamin B, dan vitamin E. Karena itu oatmeal ini merupakan salah satu brain food, sebagai sumber nutrisi penting bagi otak dan menyediakan energi untuk otak, serta menjadikan fungsi tubuh dan otak lebih prima dan seimbang.

3. Susu dan Yoghurt

Selain memiliki rasa yang enak dan nikmat. Susu dan yoghurt tak hanya mengandung kandungan kalsium yang tinggi. Namun, juga mengandung vitamin B dan protein yang tinggi. Nutrisi yang terdapat dalam susu dan yoghurt akan membantu untuk pertumbuhan bagi jaringan sel otak, enzim, dan neurotransmitter. Jika anda sering mengonsumsi susu dan yoghurt, secara tidak sadar anda telah memilih brain food yang baik. Manfaat yang tak kalah penting adalah membuat perut lebih terasa kenyak sehingga dapat mendongkrak enrgi anda untuk aktifitas sehari-hari.

4. Kacang-kacangan

Selain kaya dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, kacang-kacangan juga mengandung protein, mineral, vitamin serta serat. Zat-zat yang terkandung tersebut mampu menghasilkan energi untuk tubuh lebih lama serta membantu untuk kemampuan otak dalam berpikir. Maka tak heran kacang-kacangan dapat digolongkan dalam jenis brain food. Jenis kacang yang sangat baik untuk dijadikan brain food adalah kacang pinto dan kacang merah, berdasarkan penelitian kacng jenis ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang lebih banyak dibandingkan dengan kacang jenis lainnya. Omega 3 sendiri merupakan zat yang dipercaya sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak dan daya ingat.

5. Telur

Selain mudah didapat dan murah, telur ternyata menyimpan manfaat yang cukup banyak untuk menutrisi otak. Hal tersebut disebabkan telur banyak mengandung kolin yang cukup tinggi. Kandungan ini dapat ditemukan di bagian kuning telur. Kolin sendiri dipercaya mampu membentu perkembangan daya ingat dan memperluas memori. Jadi tambahkan telur dalam daftar menu brain food anda.

Itulah bahan-bahan makanan yang mudah anda temui. Semua jenis bahan makanan di atas sangat ampuh untuk meningkatkan kemampuan kerja otak. Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat dan sesuai takaran, kemampuan otak yang meningkat ini tentu saja sangat penting, sebab dalam bahasa sederhananya, jika kemampuan otak meningkat, seseorang lebih berpotensi untuk menjadi lebih pintar dan lebih produktif dalam bekerja.




Loading...




Cerita Unik Lainnya