Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat Buka Bersama Supaya Berkah Puasa Seharian Tidak Hilang!

Posted on 2018-05-22 10:00



Setiap Muslim tentu merasakan kebahagiaan ketika berbuka puasa. Tetapi, kurang menyenangkan rasanya jika hanya makan menu berbuka sendirian.

Memasuki bulan suci Ramadhan membuat umat Muslim khususnya merasakan banyak manfaat sekaligus keberkahan. Salah satu manfaat yang paling terasa selama bulan Ramadhan adalah banyaknya pelaksanaan buka puasa bersama.

Sembari berbuka, tentu kita bisa bercakap-cakap ringan. Hal itu membuat persaudaraan menjadi semakin dekat. Tentu, dijamu berbuka puasa adalah nikmat yang sungguh luar biasa.

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menjalani buka puasa selama bulan Ramadhan dapat Anda temukan di bawah ini:

Memperkuat Tali Silaturahmi

Manfaat yang sangat terlihat jelas dari acara buka puasa bersama semacam ini adalah untuk memperkuat ikatan atau hubungan silaturahmi antara keluarga besar maupun dengan teman-teman yang diundang. Kadang memang tidak disadari bahwa Anda telah menyakiti perasaan keluarga maupun teman, sehingga melalui acara semacam ini akan memberikan kesempatan luas untuk memperbaiki ketidaknyamanan hubungan yang ada sebelumnya. Suasana bahagia dan keakraban mampu memperbaiki hubungan silaturahmi yang sebelumnya sempat memburuk atau terputus. Tentunya hal ini sekaligus memperkuat tali silaturahmi yang ada.

Sarana Interaksi Positif

Selama bulan puasa umat Muslim diajarkan untuk dapat meninggalkan berbagai perbuatan yang sia-sia serta tidak bermanfaat. Anda juga dianjurkan menambah amal perbuatan melalui tindakan sunah dan juga bermanfaat. Untuk berbuka bersama sendiri menjadi sarana yang sangat baik dilakukan di saat bulan Ramadhan mengingat acara ini memberikan kesempatan besar bagi Anda dan orang-orang yang terlibat di dalamnya untuk saling berbagi rezeki melalui silaturahmi yang semakin kuat terjalin.

Berbagi Rezeki

Loading...
Seperti yang disinggung di atas, mengadakan buka puasa bersama secara tidak langsung membuat Anda saling berbagi rezeki dengan orang-orang yang menghadiri acara tersebut. Mengapa demikian? Karena untuk mengadakan sebuah acara yang cenderung berskala besar semacam ini Anda harus menyediakan makanan dan minuman yang jumlahnya juga tidak sedikit. Baik hanya makanan ringan dengan minum atau takjil maupun berbuka dengan menu makanan berat seperti lauk dan nasi. Hal semacam ini juga berlaku jika acara berbuka yang digelar terdiri dari panitia dengan tujuan reuni bersama dengan teman-teman lama. Berkah rezeki akan tercurah di bulan Ramadan untuk dapat menyediakan acara tersebut. Meskipun terkesan tidak begitu besar terlihat, namun berbagi rezeki dengan cara ini di bulan Ramadan menjadi ibadah tersendiri yang akan semakin menyempurnakan puasa Anda.

Nah, saat buka puasa bersama ini, sadar atau tidak, karena sudah lama berpisah atau sedang ingin kangen-kangenan, ada beberapa kebiasaan yang akhirnya malah membuang pahala puasa Anda seharian penuh. Kebiasaan ini pun Anda anggap hal biasa dan tidak perlu ada perbaikan.

Ada 4 hal yang akhirnya bisa bikin pahala puasa Anda hilang saat melakukan puasa bersama

1. Meninggalkan salat Maghrib

Hayo ngaku siapa yang suka melakukan ini? Terlebih jika Anda buka puasa bersamanya di pusat perbelanjaan. Alasan "tempat salatnya jauh" paling banyak didengar, kan? Kemudian alasan lain seperti "Udah ah gpp ditinggalin. Toh Isyanya tetap dilakuin" pun sering didengar. Padahal, mau bagaimana pun, salat Maghrib setelah berbuka puasa itu wajib dilakukan. Wajib!

2. Ghibah!

Ini juga. Karena terlalu lama sudah tidak bertemu, sekalinya ketemu pasti topik pembicaaraannya masalah zaman dulu. Bukannya mengenang sesuatu yang indah, tak sedikit dari kita yang malah doyannya ngomongin kejelekan orang lain, benar begitu? Ghibah ini bukan sesuatu yang benar untuk dilakukan sekali pun niatnya untuk menghibur. Ingat, ini bulan Ramadan, perbanyak pahala, minimalkan berbuat dosa, oke?

3. Menyombongkan diri sendiri

Selain ghibah, kebiasaan satu ini juga mungkin Anda pernah lakukan sekali pun Anda beranggapan itu tidak sengaja. Misalnya saat Anda menceritakan karir sekarang yang sudah bagus di perusahaan Anda atau mengorek kembali prestasi di masa lalu dengan niat menyombongkan diri. Ingat, sesuatu yang berkonotasi menyombongkan diri itu tidak baik. Tetap rendah hati, ya, guys!

4. Makan terlalu lahap

Ini mungkin terdengar biasa saja, tapi siapa sangka dampaknya buruk untuk tubuh Anda. Masih ingat perkataan Nabi Muhammad SAW, "Makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang"? Nah, jika Anda berbuka puasa dengan rakusnya, maka Anda sudah melakukan hal yang tidak baik di mata kesehatan maupun agama. Santai dan penuh syukur adalah cara makan yang baik. Jangan takut keabisan makanan diambil sama teman sebelah, ya! Hehehe

Tentu, dijamu berbuka puasa adalah nikmat yang sungguh luar biasa. Si penjamu sangat ingin meraih keberkahan dengan menjamu kita.

Untuk itu, dianjurkan membalas kebaikan si penjamu dengan mendoakannya. Lafal doa yang dibaca terdapat dalam hadis riwayat Abu Dawud.

Doa dijamu buka puasa

Afthara 'indakum ash shaaimuun wa akala tha'aamakum al abraaru wa shallat 'alaikumul malaa-ikah

Artinya,

" Semoga orang-orang yang berpuasa berbuka di sisimu dan orang-orang yang baik makan makananmu, serta malaikat mendoakanmu."

Selamat buka puasa bersama!




Loading...




Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-05-12 14:02