Jangan Hanya Pakai Kaca Mata Hitam Untuk Gaya, Inilah Manfaat Memakai Kaca Mata Hitam Untuk Kesehata

Posted on 2016-05-12 13:41



Memakai kaca mata hitam (sun glasses) adalah salah satu cara untuk terlihat gaya dan trendi. Namun, tahukah anda dibalik memakai kaca mata hitam ternyata menimbulkan manfaat besar untuk kesehatan? Bagaimana manfaat tersebut? Baca dalam ulasan berikut.

Kaca mata hitam sangat penting untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet matahari yang berpotensi merusak mata. Sinar ultraviolet sangat tidak mungkin untuk dilihat dengan mata telanjang, butuh alat khusus untuk mengetahuinya. Sebagian orang akan memakai kaca mata hitam ketika berkedara motor, maupun berlibur ke pantai. Namun, bagaimana jika sebuah penelitian menjelaskan hal tersebut?

"Kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) pada mata bisa terjadi dalam waktu sesingkat 15 menit," kata Justin Bazan, konsultan medis pada lembaga The Vision Council, AS.

Tahukah anda kapan paparan sinar ultraviolet yang terkuat? Sinar ultraviolet akan terpapar dengan kuat ketika masuk pada pukul 14-16 sore hari. Mata anda dapat terpapar sinar ultraviolet dimana saja termasuk ketika berada di dalam mobil. Aspal jalan akan memantulkan 9 persen ultraviolet, dan beton sampai 25 persen. Berada di dekat air juga paling berbahaya karena sinar UV yang dipantulkan sampai 100 persen. Disinilah peran kaca mata hitam sebagai penangkal sinar ultraviolet matahari. Warna hitam pada kaca akan diserap dan tidak diteruskan maupun dipantulkan.

Loading...

Bahaya lain dari sinar matahari ialah mengakibatkan kulit terbakar, iritasi pada mata, sampai merusak level DNA. Di negara empat musim, pemakaian kacamata hitam juga wajib dilakukan saat sedang bersalju, karena salju memantulkan sinar UV sampai 85 persen. Paparan sinar UV dari salju juga dapat menyebabkan photokeratitis atau "kebutaan salju", kondisi di mana kornea mata terbakar.

Dengan memakai kaca mata pada waktu yang tepat, secara tidak sadar anda telah merawat kesehatan mata anda. Kaca mata hitam yang baik adalah mampu menahan 80-99% ultraviolet A dan Ultraviolet B.

Semoga bermanfaat.


Loading...




Cerita Unik Lainnya