Jangan Gunakan Aksesoris Karet Gelang Terlalu Lama Pada Bayi, Bisa Berakibat Fatal

Posted on 2018-05-03 10:52



Bagi Anda yang memiliki balita di rumah sebaiknya harus ekstra mengawasinya. Sebab, telah banyak kejadian yang berakibat fatal terjadi pada bayi akibat kelalaian orang tua. Seperti contoh kali ini, seorang gadis kecil asal Tiongkok membengkak parah hanya karena sebuah aksesori seperti karet gelang.

Insiden mengerikan ini dialami oleh balita bernama Le Le (4) asal Anhui, Tiongkok. Pada enam bulan yang lalu, sang kakek dan nenek yang mengurusnya melihat hal tak biasa pada pergelangan tangan cucu mereka.

Keduanya kemudian membawa sang cucu ke dokter untuk diobati. Mulanya sang dokter tak menyadari keanehan pada lengan Le Le dan menganggapnya sebagai alergi kulit ringan. Sayangnya, setelah dibawa ke dokter kondisi lengan Le Le terus memburuk.

Loading...

Ketika orangtua Le Le pulang dari tempat kerja yang jauh. Pasutri itu menemukan hal yang ganjil pada putri mereka. Le Le mengalami rasa sakit yang parah pada lengannya sehingga gerakan tangannya terganggu.

Karena khawatir keduanya kemudian memutuskan untuk membawa sang anak ke dokter. Namun, sesampainya di sana dokter yang bersangkutan tak bisa menentukan apa penyebab rasa sakit yang timbul dari lengan balita tersebut.

Itu sebabnya dokter yang bersangkutan langsung merujuknya ke rumah sakit anak untuk mendapatkan pemeriksaan lebih dalam. Ketika mereka membawa Le Le untuk melakukan X-ray, dokter menyebutkan bahwa lingkaran daging yang timbul disebabkan karena adanya karet gelang.

Oleh karena itu, mereka langsung melakukan operasi untuk mengangkat beda asing dari lengan balita itu. Beruntungnya setelah gelang itu diambil, rasa sakit Le Le mereda.

Menurut Dr Ye Wensong, salah satu dokter terkemuka di rumah sakit menyebutkan bahwa kasus Lele terbilang sangat langka. Sebagai dokter senior yang telah melakukan praktik selama 20 tahun, ia baru kedua kalinya menemukan kasus semacam ini.

Ada kemungkinan besar ikat rambut, tali dan gelang lainnya mampu menyebabkan luka kepada sang anak. Itu sebabnya, ia menyarankan kepada orangtua untuk tetap mengawasi anak mereka.

Jangan biarkan anak memakai gelang tali yang biasa diberikan para tetua sebagai jimat. Padahal semacam itu justru jadi bumerang bagi anak-anak terutama balita, di bawah tiga tahun. Hal itu perlu dilakukan karena karet gelang yang tipis mampu terselip di antara lipatan kulit dan dapat berdampak buruk seperti kasus semacam ini.

Artikel ini disadur dari Liputan6.com, semoga bermanfaat.


Loading...




Cerita Unik Lainnya