Inilah Empat Bahaya Mengendarai Motor, Perhatikan Posisi Berkendara Anda

Posted on 2016-05-01 23:19



Mayoritas masyarakat Indonesia saat ini menggunakan sepeda motor sebagi sarana transportasi. Alasan mengapa memilih berkendara dengan motor lebih dipilih adalah praktis dan mampu melewati jalan-jalan yang kecil. Selain itu sepeda motor pada saat ini mudah didapat dan berharga murah. Fitur lainnya adalah irit dalam konsumsi bahan bakar. Namun tahukah anda jika berkendara dengan sepeda motor dalam waktu yang lama akan mengakibatkan efek yang buruk. Lalu apa efek buruk tersebut?

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Tjandra Yoga Aditama menyebutkan setidaknya ada empat bahaya kesehatan yang mengancam pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Menurut beliau, rasa sakit pada punggung merupakan efek pertama yang dirasakan jika berlama-lama berkendara dengan sepeda motor.

Permasalahan kesehatan yang kedua, ujarnya, sebuah penelitian  menunjukkan bahwa duduk selama berjam-jam dapat menganggu sistem metabolisme tubuh. Selain itu juga mengganggu kolesterol maupun gula darah pada tubuh.

Loading...

Ketiga, duduk di sepeda motor  selama berjam-jam juga dapat menyebabkan nyeri leher. Keluhan ini bisa disebabkan oleh peradangan pada sendi tulang belakang.

Yang terakhir adalah timbul akibat kelelahan yang akan berdampak pada tingkat konsentrasi si pengemudi. Jika konsentrasi pengemudi sepeda motor menurun akan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Solusi dari masalah ini adalah membatasi jarak berkendara sepanjang 30 km dan selalu beristirahat sejenak untuk melemaskan otot anda yang tegang ketika berkendara di sepeda motor anda. Sebarkan, semoga bermanfaat.


Loading...




Cerita Unik Lainnya