Inilah Bahaya Kekurangan Darah Putih Beserta Cara Mengatasinya

Posted on 2016-05-04 23:29



Apakah anda pernah mudah sakit karena hal yang sepele? Mungkin anda kekurangan suplai sel darah putih. Sel darah atau leukosit memiliki peran sebagi penjaga sistem petahanan tubuh. Sistem pertahanan tubuh berperan aktif untuk menjaga tubuh tetap bugar dan tak mudah terserang penyakit. Leukosit adalah sel darah putih yang butirannya berjumlah antara 6000-9000 per mm3 dan bisa berubah bentuk meski tak memiliki warna. Hanya sekitar 12-13 hari saja sel darah putih dapat bertahan hidup dan sel ini terbuat di dalam sumsum merah tulang pipih, kelenjar getah bening serta limpa.

Karena fungsi dari darah putih melemah, maka akan berdampak pada kestabilan imunitas tubuh. Bila jumlah darah putih anda berkurang, otomatis terjadi penurunan kekebalan tubuh. Dengan kondisi seperti ini tubuh akan mudah terserang penyakit yang sering disebabkan oleh bakteri dan virus.

Kekurangan darah putih tentu dapat diatasi dengan beberapa cara. Untuk meningkatkan darah putih, ada sejumlah cara yang bisa dicoba di bawah ini:

Mengonsumsi Minyak Kelapa

Loading...

Minyak kelapa adalah bahan yang aman dan dijamin efektif dimanfaatkan supaya produksi sel-sel darha putih naik dengan mengonsumsi hanya 1 sendok setiap harinya. Ini dikarenakan di dalam minyak kelapa terdapat mineral dan vitamin yang banyak sehingga tak hanya akan mengembalikan jumlah leukosit, tapi otomatis juga akan menjaga kesehatan tubuh, kulit serta rambut. Dalam mengonsumsi minyak kelapapun tidak boleh sembarangan karena Anda perlu memilih minyak kelapa murni; artinya, minyak yang tidak dimurnikan.

Diet Sehat dan Mentah

Diet mentah adalah diet yang dilakukan dengan mengonsumsi makanan mentah yang memang layak dimakan sebab sel-sel darah putih dapat terproduksi melalui makanan-makanan tersebut. Makanan mentah yang dimaksud di sini antara lain seperti kubis, tomat, wortel, apel, anggur dan masih banyak lagi sayuran serta buah-buahan sehat untuk dicoba. Fokus utama pada diet ini layaknya diet kebanyakan untuk menurunkan berat badan, yakni mengonsumsi sayuran dan buah lebih banyak daripada makanan lainnya.

Konsultasikan ke Dokter

Apabila cara-cara tersebut dirasa kurang ampuh dalam mengatasi kekurangan darah putih dan sel darah putih, segera hubungi dokter. Jika jumlah sel darah putih sangat berkurang, ini akan membuat infeksi secara mudah menyerang tubuh Anda sehingga untuk mencegahnya, Anda bisa mencari bantuan dokter untuk tindakan yang tepat. Hal ini perlu dilakukan supaya Anda bisa menjauhkan diri dari segala penyakit serius yang menular.

Sekian pembahasan dari artikel ini. Semoga bermanfaat.


Loading...




Cerita Unik Lainnya