Inilah Alasan dan Bahaya Merokok di Ruang ber-AC

Posted on 2016-05-04 23:18



Banyak orang tidak mengetahui bahaya dari merokok di ruang ber-AC. Bahaya tersebut sering diabaikan beberapa orang yang tidak begitu peduli dengan kesehatan. Sistem ruang ber-AC adalah arus satu arah yang tidak terkontaminasi dengan udara lain. Jika ada seseorang merokok di ruang ber-AC makan orang lain yang tidak merokok akan terkontaminasi dan merupakan perokok pasif. Tahukah anda jika perokok pasif lebih beresiko dua kali lipat untuk mendapat bahaya kesehatan.

Ruangan yang telah terinstal lebih disarankan untuk dalam keadaan bersih dan tidak tercampur dengan polusi. Hal ini disebabkan agar udara yang dihirup tetap segar dan terjaga dalam keadaan stabil. Jika anda merokok di ruang ber-AC maka asap rokok anda justru akan mengotori dan mengontaminasi benda di sekitar anda seperti baju, tas, minuman, dan dinding. Sebaiknya merokok pada ruangan yang bebas dan mempunyai jangkauan wilayah yang cukup luas sehingga bau dari tembakau bisa segera hilang terbawa angin dan tidak terlalu berbahaya bagi oran-orang disekitarnya (perokok pasif). Lantas apa bahaya lain dari merokok di ruang ber-AC? Mari kita kupas dalam artikel ini.

Bahaya TAR Merusak Otak

Kandungan TAR di dalam ruang ber-AC alan terakumulasi dan berbalik terhirup kembali dengan volume yang lebih besar ke dalam rongga mulut serta pernafasan. Hal ini disebabkan ruang ber-AC umumnya tidak memiliki ventilasi yang cukup. Tanpa anda sadari, kandungan TAR yang mengontaminasi udara dalam ruangan ber-AC akan merusak sel-sel otak. Hal ini tidak baik untuk perkembangan dan kecerdasan otak anak.

Loading...

Merusak Jaringan Mata

Asap rokok yang mengepul diruangan ber-AC dapat masuk kedalam jaringan mata dan menginfeksi serta mengganggu kinerja dari kornea dan retina tanpa disadari. asap rokok yang sering terhirup diruanagan ber-AC dapat menjadi sebuah polusi udara yang berbahaya karena mampu menurunkan ketajaman dalam penglihatan, hal ini disebabkan TAR, timbal dan nikotin yang ada pada rokok dapat menjadi salah satu penyebab kelopak mata gatal dan bengkak.

Menggangu Kesehatan Paru-paru

Jika anda mengabaikan asap rokok yang mengepul di ruangan ber-AC, maka akan berdampak buruk bagi anda. Seseorang yang berada di ruangan ber-AC yang terdapat kepulan asap rokok lebih beresiko tinggi mengidap penyakit TBC, asma, dan penyakit paru-paru lainnya. TAR dan nikotin pada rokok yang bebas di ruang ber-AC dapat cepat masuk lewat rongga mulut dan hidung dan menjalar merusak jaringan paru paru yang awalnya akan dipenuhi asap rokok sebelum kemudian merasakan dada terasa sesak, bagian dada sangat nyeri dan kesulitan bernafas.

Menggangu Sistem Kekebalan Tubuh

Jika TAR dan nikotin masuk ke dalam tubuh dengan jumlah yang sangat besar akan menggangu sistem kekebalan tubuh anda. TAR dan nikotin yang masuk ke dalam tubuh dan larut dalam darah akan sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan tubuh. Jadi jangan mengabaikan kebiasaan merokok di ruangan ber-AC jika anda tidak ingin mudah jatuh sakit.

Merusak Jantung

Asap yang terbang bebas di dalam ruang ber-AC akan menjadi racun ketika berada terlalu lama di ruangan tersebut. Hal paling fatal jika mengabaikan kondisi tersebut adalah asap akan memasuki hidung kemudian lanjut ke arah arteri jantung. Dalam kondisi seperti ini darah akan menjadi kotor akibat asap rokok dan menggangu jaringan serta katup jantung yang biasa memompa darah keseluruh tubuh. Gejala awalnya ialah seseorang awalnya akan mengalami sesak nafas, dada nyeri, jantung berdebar-debar dan tubuh menjadi cepat lelah, kondisi ini seperti ciri ciri jantung lemah.

Semoga bermanfaat.


Loading...




Cerita Unik Lainnya