Ikan Gabus Ternyata Terbukti Obati Diabetes, Baca Ulasan Berikut

Posted on 2016-05-11 20:13



Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan yang banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia. Ikan ini mengandung protein yang tinggi. Persediaan ikan jenis ini dipasaran cukup jarang ditemukan karena masih bergantung pada penangkapan di alam dan masih belum dibudidayakan. Ikan gabus adalah yang dikenal di dunia pengobatan tradisional yang berguna sebagai penyembuh luka dalam. Salah satu manfaatnya ialah sebagai obat diabetes. Sebuah penelitian yang dilakukan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, membuktikan, bahwa ekstrak Ikan Gabus dapat menjadi obat penyakit diabetes.

Dalam penelitian tersebut, hasil uji ikan gabus terbukti dapat menurunkan kadar gula darah secara sigmifikan dan mampu memperbaiki jaringan pancreas yang telah rusak. "Kerusakan jaringan pankreas sendiri, dapat menyebabkan terjadinya hiperglikemik atau kadar gula berlebih dalam darah," kata salah satu peneliti, Dr Dewi Hidayati SSi MSi

Dewi menjelaskan bahwa sebelum diuji coba, tikus percobaan diberi senyawa aloksan ke dalam tubuhnya. Senyawa aloksan ini bertujuan sebagai perusak jaringan pancreas. Setelah itu, ekstrak ikan gabus mulai diberikan. Reaksinya ialah dalam beberapa waktu ekstrak ikan gabus mampu meregenerasi jaringan pankreas yang sebelumnya rusak akibat pemberian senyawa aloksan.

“Sebesar 69,78 persen jaringan pankreas dapat kembali normal,” jelasnya. Lalu, apakah ekstrak ikan Gabus juga bisa mengobati impotensi akibat diabetes yang diderita pria?

Loading...

Berdasarkan penelitiannya yang berjudul "Blueprint for Change", penderita diabetes di Indonesia tercatat mencapai 7,6 juta orang. Sebanyak 41 persen di antaranya tidak mengetahui kondisi kesehatannya, dan 39 persen tidak mendapatkan pengobatan. Sisanya, hanya 0,7 persen penderita diabetes yang mendapatkan pengobatan dengan tepat. Dari data dan penelitian ini ikan gabus dapat dimanfaat sebagai media pengobatan alami untuk mengatasi diabetes yang diderita. Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat.




Loading...




Cerita Unik Lainnya