Heboh! Antibiotik Terkuat Berasal dari Kecoa, Baca Ulasan Berikut

Posted on 2016-05-10 20:25



Bakteri adalah penyebab utama yang membuat tubuh anda menderita berbagai penyakit. Bakteri sangat cepat dalam beradaptasi, berkembangbiak, dan berevolusi. Bakteri yang kebal pada obat-obatan antibiotik adalah masalah serius dan mimpi buruk bagi dunia medis. Para ilmuwan terus berupaya mencari antibiotik baru yang dapat mengalahkan bakteri super tersebut.

Menurut Profesor Naveed Khad, Head of Biological Science dari Universitas Sunway Malaysia menyebutkan kandidat antibiotik terbaru ialah tubuh kecoa. Serangga ini mampu bertahan dilingkungan yang sangat kotor dan memiliki mekanisme kekebalan tubuh yang baik dan ampuh.

"Kecoa hidup dalam lingkungan yang sangat menjijikkan sepanjang pengetahuan manusia. Sangat masuk akal jika mereka mempunyai mekanisme pertahanan tubuh yang ampuh terhadap kuman-kuman ganas," kata Khad dalam siaran pers

Fakta yang mendukung argumen Khad ialah perkembangan kecoan yang sudah mulai ada sejak 300 juta tahun yang lalu. Kecoa purba mampu bertahan pada iklim ekstrim yang mengakibatkan berbagai bencana. Selain itu, kecoa juga tahan terhadap paparan radiasi yang kuat. Fisik kecoa tak banyak berubah dalam perkembangan evolusinya.

Loading...

"Kita dapat mempelajari banyak hal dari makhluk ini. Saya percaya mereka pasti mempunyai suatu mekanisme pertahanan tubuh yang ampuh", kata ilmuwan yang mendapat penghargaan medali emas dari Pakistan Academy of Sciences pada November 2015 ini.

Dalam penelitiannya, antibiotik banyak terdapat pada sistem saraf pusat kecoa. Antibiotik ini akan membantu untuk membasmi dan mematikan perkembangan bakteri mematikan pada tubuh manusia. Selain itu keistimewaan memakai antibiotik kecoa adalah mematikan bakteri seperti Methicillin-resistant Staphylococcus Aureus (MRSA) dan Neuropathogenic E. Coli tanpa melukai sel-sel tubuh manusia.

Khan menjelaskan, masih butuh banyak hal-hal mendasar untuk mempelajari manfaat kecoa lebih lanjut dan merinci.

Semoga bermanfaat.




Loading...




Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-05-06 23:21