Hati-Hati, Inilah Kelainan Yang Dapat Menyerang Para Gamer

Posted on 2016-04-21 19:30



Bermain game memanglah mengasikkan. Apalagi jika kita bermain untuk mengisi waktu luang. Namun, bermain game tidak menjamin terjauh dari bahaya kesehatan. Bermain game dengan aktifitas yang cukup ekstrim dalam jangka waktu yang lama justru menimbulkan bahaya kesehatan. Salah satunya bahaya kesehatan yaitu merusak rentina yang disebabkan dari paparan radiasi monitor maupun lcd. Namun tahukah kamu bahwa beberapa kelainan ini mengintai para pecandu game berat? Berikut kita simak.

 

  1. Playstation Thumb

Meskipun kelainan ini menggunakan istilah playstation, tetapi menurut medis keadaan seperti ini dapat mempengaruhi siapapun yang sering bermain game konsol. Gejala dari kelainan ini adalah mati rasa dan kesemutan pada ibu jari. Kondisi seperti ini disebabkan oleh kulit ibu jari yang menebal secara tidak normal dan pembengkakan maupun luka yang disebabkan gerakan yang berulang. Istilah lainnya ialah ‘plamar hidradenitis’. Menurut ahli medis kelaian kulit ini disebabkan oleh penggunaan stick game konsol. Biasanya butuh berbulan-bulan untuk menyembuhkan kelainan ini.

Loading...

 

  1. Nintendinitis, Wii-itis dan X-boxitis

Kelainan jenis ini biasanya menyerang otot tendon (tendonitis) pada pergelangan tangan. Kelainan ini disebabkan cedera karena bermain game Nintendo, Wii sport, dan X-box yang terlalu lama.

 

  1. The Tetris Effect/Game Transfer Phenomena

Kelainan ini akan terjadi setelah main video game untuk jangka waktu yang lama. Biasanya pengguna akan mentrasfer unsur dari isi permainan ke dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pemain tetris sibuk berfantasi atau memiliki gambaran mental tentang blok-blok yang ada di kota. Dalam kasus ekstrem dilaporkan kecelakaan mobil akibat sibuk fokus pada blok jatuh yang sebenarnya tidak ada.

 

  1. Carpal tunnel syndrome

Kelainan ini disebabkan oleh kondisi saraf utama pada lengan bawah dan tangan yang berulang kali ditekan. Hal ini mengakibatkan terowongan carpal pada lengan menjadi bengkak dan selanjutnya menjadi bengkak. Kelainan macam ini banyak menimbulkan gejala perubahan fisik yang muncul diantara para pecandu game.

 

  1. Migrain

Dari beberapa kasus banyak para gamer mengeluh karena migraine. Pemicunya sangat banyak. Seseorang yang bermain game terlalu lama lebih rentan menderita migraine. Hal tersebut disebabkan butuhnya banyak konsentrasi yang cukup tinggi saat bermain dan ketegangan terletak pada mata yang menatap layar begitu dekat dan terang.

jadi pesan yang dapat diberikan ialah jangan terlalu berlebihan dalam hal hobi bermain game. bermain game masih aman-aman saja asalkan tidak melampaui batas aman yang dianjurkan.




Loading...




Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-04-27 00:10