Hati-hati! Inilah Dampak Buruk Jika Pakai Lensa Kontak Lebih Dari 14 Jam

Posted on 2016-05-11 20:13



Lensa kontak adalah salah satu alat bantu jika anda mengalami gangguan penglihatan. Tak kala berperan juga sebagai penganti kacamata. Menggunakan lensa kontak akan lebih prakris daripada menggunakan kaca mata. Namun, ada dampak buruk di balik penggunaan lensa kontak ini. Seperti apa dampak buruk tersebut? Simak ulasan berikut.

Lensa kontak banyak digunakan sebagai alat bantu mata maupun untuk menambah penampilan gaya. Lensa kontak akan lebih baik jika digunakan tidak lebih dari 14 jam. Hal ini disebabkan oleh penggunaan lensa kontak dengan waktu yang lebih dari anjuran akan membuat mata terasa kering. Jika anda tidak begitu mengiraukan tanda-tanda masalah awal tersebut akan terjadi dampak buruk seperti kebutaan.

Resiko kebutaan ini terbukti lewat salah satu kasus yang dialami Andy James (32) yang hampir kehilangan penglihatannya karena lensa kontak. Setiap hari, James mengenakan lensa kontak selama 14 jam. Akibatnya, muncul ulkus kornea atau luka di bola matanya.

Setelah kejadian tersebut, James langsung dilarikan kerumah sakit untuk menjalani perawatan pada mata kirinya. Ia merasa seperti ada duri yang menusuk ke dalam otaknya. Selain itu, James juga merasa matanya berpasir. 

Loading...

Saat dilakukuan pemeriksaan, dokter David Allamby mengungkapkan, James telah memiliki enam luka di mata sebelah kiri dan lima luka di mata sebelah kanannya. Jika tidak segera ditangani, dokter mengatakan James bisa kehilangan penglihatannya.

Menurut fakta yang didapat, sebuah survei membuktikan bahwa yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, dari 1.000 orang dewasa, 99% melanggar salah satu aturan memakai lensa kontak. Hasil ini cukup mengejutkan, sehingga anda bisa tahu betapa mirisnya dampak buruk para pengguna lensa kontak.

Penyebab masalah buruk tersebut ialah kurangnya menjaga kebersihan. Hal yang mengkhawatirkan lainnya, banyak yang membersihkan lensa kontak dengan air keran, memakainya saat mandi, bahkan berenang. Menurut para ahli, cara tersebut meningkatkan resiko infeksi, karena dapat menstransfer mikro-organisme yang hidup ke air mata. Selain itu, tidur siang menggunakan lensa kontak sangatlah beresiko dan tidak dianjurkan. Banyak juga yang mengaku menggunakan lensa kontak saat tidur malam.

Semoga bermanfaat.




Loading...




Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-04-28 00:11