Hati-Hati, Es Teh Ternyata Memicu Batu Ginjal

Posted on 2016-04-24 05:46



Es teh adalah salah satu minuman yang sangat populer di kalangan masyarakat. Selain populer, es teh sangat mudah untuk membuatnya. Minum es teh dikala cuaca panas atau selesai makan memang terasa nikmat dan menyegarkan. Namun, tahukah anda dibalik segarnya es teh dapat memicu hal buruk seperti batu ginjal? Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Jika anda termasuk seseorang yang sering minum es teh, anda harus mengetahui hal ini. Meskipun teh merupakan salah satu minuman sehat, masih ada bahaya yang tersembunyi. Jika diminum dengan campuran es, es teh menyebabkan batu ginjal. Laporan medis terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Urology menyatakan bahwa minum es teh dapat meningkatkan kemungkinan resiko batu ginjal. Selain itu Harian Times of India juga memberitakan bahwa contoh pemicu batu ginjal adalah salah satunya es teh, bayam, dan juga coklat.

Zat yang terkandung dalam es teh yang dapat menjadi pemicu batu ginjal adalah kandungan oksalat dalam konsentrasi yang cukup tinggi. Sebenarnya kandungan oksalat sangat baik bagi tubuh jika dalam kadar normal. Oksalat memiliki fungsi untuk menyerap konsentrasi kalsium dan mengikat kalsium yang tentu sangat berguna untuk kesehatan. Namun, jika konsentrasi kalsium yang dilakukan berlebihan makan oksalat yang membentuk sebuah kristal akan banyak mengendap pada ginjal sehingga membentuk batu ginjal. Selain oksalat batu ginjal juga dapat disebabkan oleh garam dan kandungan mineral yang tidak terpakai pada ginjal dan mengendap. Jika dalam jangka waktu yang lama akan mengendap dan dapat mengakibatkan infeksi dan batu ginjal.

Dr John Milner, seorang instruktur di departemen urologi di Loyola University Chicago Stitch School of Medicine, mengatakan penyebab paling umum dari batu ginjal sebenarnya dehidrasi. Dan meminum es teh disaat anda merasa sangat haus akan jauh lebih berbahaya karena senyawa oksalat akan mudah membentuk kristal disaat kinerja ginjal sedang lelah karena kekurangan cairan.

Loading...

Jika anda memiliki kebiasaan minum es teh. Anda mulai sekarang perlu berhati-hati. Namun, anda tidak dilarang untuk minum es teh. Anda masih bisa meminum es teh hanya saja anda harus lebih selektif dalam memilih es teh. Selain itu es teh yang banyak dijajakan rata-rata menggunakan es yang berasal dari air yang belum matang. Es yang baik adalah yang berasal dari air yang matang, cirinya adalah es berwarna bening bukan putih dan bergelembung layaknya salju. Selain itu ada baiknya anda meminum es teh dengan menambah gula sedikit saja atau anda bisa menambah lemon atau daun mint sebagai penambah rasa.




Loading...




Cerita Unik Lainnya