Diduga Kamar Setya Novanto Palsu, Ini Kejanggalan Yang Ditemukan Mata Najwa

Posted on 2018-07-26 13:28



Acara Mata Najwa dengan episode Pura-Pura Penjara menjadi perbincangan netizen. Acara ini menaghadirkan tayangan eksklusif saat Najwa Shihab ikut sidak dan mengunjungi lapas Sukamiskin yang ramai diperbincangkan karena ditangkapnya Kalapas terkait suap. Najwa mengunjungi beberapa kamar napi korupsi. Ada kamar Akil Mochtar, Tubagus Chaeri Wardana, Luthfi Hasan Ishaaq, Setya Novanto, Nazaruddin, OC Kaligis.

Di kamar Luthfi ditemukan alat olahraga, dan sejumlah perkakas yang tak seharusnya ada. Ada yang unik dengan kamar Setnov dan Nazaruddin, nampak berbeda jauh dengan kamar terpidana lainnya. Kamarnya sangat sederhana. Saat dikunjungi, Setnov nampak ceria dan mengaku sudah ikhlas menerima semuanya. Terkait suap Rp 200-500 juta untuk menambah fasilitas, Setya Novanto mengaku mendengar kabar itu.

"Ya saya sih dengar saja, tapi ya sudah lah itu urusannya orang yang penting ga ganggu saya," ujar Setya Novanto.

Saat disinggung Najwa tentang kasus E-KTP, Setya Novanto kembali mengatakan dia sudah ikhlas. Namun Setnov masih ingin mengungkap lebih jauh dan mengingat kembali pertemuan-pertemuan yang pernah dia lakukan.

Loading...

"e-KTP ini kan sudah saya ikhlas, ini semua sudah terjadi mudah-mudahan saya bisa mengungkap lebih jauh dan sudah saya sampaikan pertemuan-pertemuan yang saya ingat," tutur dia.

Sebelum ditangkap KPK, Setya Novanto mengatakan hampir semua orang ingin bertemu dengan dia.

"Kalau dulu hampir semua ingin bertemu kita ga nyangka," kata Setnov.

"Tapi dulu mau ketemu Pak Setnov susah terus," canda Najwa.

Setelah mengunjungi kamar Setya Novanto, Najwa Shihab juga mengunjungi kamar Nazaruddin. Perlu beberapa waktu hingga Nazaruddin membukakan pintu kamar. Saat pintu terbuka, Nazaruddin terlihat mencium alquran. Dia kemudian melipat sajadah. Kepada Najwa Shihab, Nazaruddin tidak ingin memberikan komentar terkait Kepala Lapas yang ditangkap KPK.

Rupanya Najwa Shihab menangkap ada yang janggal dengan kamar Setya Novanto dan Nazaruddin. Yang paling mencolok adalah kamar yang terlihat lebih sederhana dibandingkan kamar napi yang lain.

Saat siaran langsung, Najwa Shihab menanyakan kepada Yasonna Laoly, menteri hukum dan Hak Asasi Manusia tentang penentuan kamar.

"Penentuan kamar oleh kalapas, nanti dengan jajarannya mana yang kosong berdasarkan ketersediaan kamar saja," ungkap Yasonna.

Najwa lantas membongkar kejanggalan yang dia temukan di kamar Setya Novanto. Berikut kejanggalan yang Najwa dapatkan:

1. List nama

List nama Setya Novanto berada di kamar nomor 29 blok Timur Atas. Yang janggal adalah, list nama itu terlihat masih baru dibanding lainnya.

"Kalau tadi di lihat itu list daftar nama Setya Novanto tampak masih baru dan beda sendiri," ungkap Najwa.

2. Ada Parfum Perempuan


Selain list nama dan kamar yang lebih sederhana dibanding kamar napi yang lain, barang-barang yang ada di dalam kamar Setya Novanto juga terasa janggal. Najwa Shihab mendapati adanya parfum wanita.

"Isi sel, barang pribadi baju perlengkapan mandi, makan, tidak sesuai dengan pribadi Setya Novanto," kata Najwa.

Dalam kesempatan itu, Najwa Shihab mengungkap parfum yang dimaksud. Yakni parfum Victoria Secret Body Mist Pure Seduction. Selain itu, ada parfum Pucelle yang sering digunakan kaum hawa.

3. Tidak ada tumpukan baju

Setya Novanto mengaku sudah menjadi penghuni kamar itu selama tiga bulan. Namun tim Mata Najwa tidak mendapati adanya tumpukan baju.

"Tidak terlihat tumpukan baju layaknya kamar yang dihuni selama tiga bulan," kata Najwa.

Mendapatkan beberapa kejanggalan itu, Najwa Shihab lantas menggali lebih dalam. Hasil penelusuran Najwa menghasilkan sebuah fakta bahwa kamar itu bukanlah kamar yang ditempati Setya Novanto. Dua orang dalam Sukamiskin mengatakan kamar Setya Novanto sebenarnya adalah nomor 3 blok Timur Atas.

Saat list nama tahanan dilihat ulang, kamar nomor 3 memang kosong tidak ada penghuni. Najwa Shihab mendapat informasi bahwa kamar nomor 3 dibongkar menjadi satu sel besar digabung dengan kamar nomor 2. Di daftar itu nomor dua dan tiga terlihat ditandai namun tidak ada penghuninya.


"Dua sel itu sudah dibongkar jadi satu sel yang besar, dua sel timur atas," ungkap Najwa.

Selain itu Najwa Shihab mendapat informasi bahwa sering ada mobil membawakan perlengkapan mewah. Mobil datang membawakan perlengkapan barang-barang untuk mengisi sel itu. Menanggapi hal ini Yasonna akan mengecek lebih lanjut terkait temuan ini.

"Ini merupakan tamparan, seluruh ruangan sejak minggu masih dibenahi dan diangkat semua fasilitas di sana dan tidak mungkin lagi terjadi seperti itu. Tidak ada lagi ruang kerja dan satu orang satu sel," ujar Yasonna.

Najwa lantas meminta Yasonna juga mengecek ulang kamar Nazaruddin. Pasalnya tim Mata Najwa mendapat informasi bahwa sebenarnya sel Nazaruddin adalah di sel yang dihuni oleh mantan gubernur Bengkulu.

"Sel asli Nazaruddin adalah yang dihuni mantan gubernur Bengkulu Agusrin Najamuddin. (Kamarnya) dua kali lebih besar dan mewah," ungkap Najwa. 

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/gTnQ-uUqQt8" frameborder="0" allow="autoplay; encrypted-media" allowfullscreen></iframe> 

 




Loading...




Cerita Unik Lainnya