Ceraikan Istri, PNS Ini Bayar Nafkah Dengan 13 Karung Berisi Uang Receh 153 Juta Hasil Ngutang

Posted on 2018-08-26 09:50



Siapapun tak menginginkan rumah tangganya berujung dengan perceraian. Namun adakalanya perceraian tak bisa dihindari lantaran banyaknya hal yang tak bisa disatukan lagi. Perceraian juga dialami oleh seorang PNS di Karanganyar, Jawa Tengah. Namun uniknya, pria bernama Dwi Susilarto (54) ini membayar biaya mu'tah dan nafkah kepada mantan istrinya dengan menggunakan uang receh berkarung-karung.

Dwi diharuskan membayar mutah sebesar Rp178 juta. Sebanyak Rp153 juta ia bayar menggunakan pecahan koin seribuan yang ditaruh di 13 kantong karung. Sedangkan Rp 25 juta sisanya menggunakan uang kertas.

Uang tersebut berasal dari sumbangan keluarga dan teman-temannya, juga hasilnya mengutang. Dwi Susilarto menggugat cerai istrinya di Pengadilan Agama Karanganyar. Kuasa hukum Dwi Susilarto, Sutarto, pada Jumat (24/8/2018) menjelaskan, awalnya saat di Pengadilan Agama Kabupaten Karanganyar, hakim memutuskan bahwa Dwi wajib memberikan uang mutah pada mantan istrinya sebesar Rp43 juta, tertanggal 21 Desember 2017.

Namun, sang mantan istri tak terima dengan putusan itu dan mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Agama di Semarang. Hasil dari banding tersebut naik hampir 400 persen dari jumlah awal yang harus dibayar Dwi kepada Hermi.

Loading...

Dwi diwajibkan membayar Rp178 juta dan keputusan tersebut sudah mutlak dan berkekuatan hukum tetap. Dwi berhasil mengumpulkan uang Rp178 juta dalam kurun waktu satu setengah bulan.

"Kemarin ada sekitar 13 karung berisi uang koin seribuan. Kata klien saya uang itu dikumpulkan dari bantuan teman-temannya dan ada dari hasil berutang," kata Sutarto.

Uang koin tersebut masih berada di pihak Pengadilan Agama Karanganyar dan belum selesai dilakukan penghitungan.

"Nanti kami akan dikabari dari pihak pengadilan. Kalau ada kelebihan uang akan dikembalikan. Sebaliknya kalau ada kekurangan, nanti akan ditagihkan ke kami," jelas Sutarto.




Loading...




Cerita Unik Lainnya