Bahaya Inframerah Bagi Tubuh, Pengguna Gadged Wajib Baca

Posted on 2016-05-06 23:20



Inframerah adalah sebuah radiasi elektromagnetik. Radiasi ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Biasanya radiasi ini memiliki panjang gelombang sejauh 700 nm dan 1nm yang lebih luas dan panjang dari sebuah cahaya yang tertangkap oleh mata manusia. Umumnya inframerah menghasilkan panas. Uniknya ketika berada pada suhu yang panas panjang gelombang inframerah justru berkurang.

Bagaimana dengan gadged? Apakah gadged memiliki inframerah? Gadged yang anda pakai tidak dilapisi inframerah namun mempunyai gelombang elektromanetik yang jika terlalu sering terpapar ke area telinga dan mata, dapat mengakibatkan gangguan otak dan penglihatan. Lalu, Apa saja yang dapat masuk sebagai kategori inframerah yang berbahaya?

  • Sinar ultraviolet
  • Sinar lampu pijar
  • Cahaya api yang sedang membara
  • Cahaya hasil pengelasan
  • Sinar matahari yang terpantul kaca
  • Radiasi aspal yang terpapar sinar matahari pada pukul 12 sampai 2 siang

Berikut bahaya yang disebabkan dari radiasi inframerah yang melebihi batas aman.

Kulit terbakar

Loading...

Inframerah banyak ditemukan pada sinar matahari. Sinar matahari merupakan inframerah juga. Namun, bersifat alami dan bukan buatan manusia. Efek inframerah buatan manusia tentu lebih berbahaya dari pada inframerah merah yang dihasilkan matahari. Paparan radiasi yang melebihi batas tentu akan membuat kulit anda terbakar atau melepuh. Hal tersebut karena adiasi inframerah mampu menembus jaringan kulit terdalam dan merusak kolagen yang ada dibawah kulit.

Penuaan dini

Jika anda terpapar inframerah secara langsung dalam jangka waktu yang lama. Maka yang akan terjadi adalah proses penuaan yang tidak tepat usia. Inframerah dapat merusak keseimbangan minyak alami dan sel kolagen kulit dimana dapat  memicu terjadinya kerusakan sel kulit. kondisi ini memungkinkan seseorang akan menjadi terlihat lebih tua dan kusam.

Merusak rentina mata

Radiasi inframerah dapat menembus bagian rentina mata. Hal ini akan mengakibatkan penumpukan seperti kabut putih pada rentina mata atau juga disebut katarak. Jika sudah parah, akan menggangu ketajaman penglihatan. Salah satu jalan agar dapat melihat lagi adalah dengan operasi rentina.

Semoga bermanfaat.


Loading...




Cerita Unik Lainnya