Bagaimana membedakan telur segar dan tidak? Begini Caranya

Posted on 2016-04-24 05:54



Beberapa orang banyak mengunakan telur sebagai tambahan untuk asupan protein. Selain itu, telur dapat digunakan sebagai campuran jamu tradisional. Telur yang umum dipakai untuk campuran jamu tradisional ialah telur ayam kampung. Ada berbagai cara untuk mengetahui kondisi telur yang anda beli dalam kondisi segar atau tidak salah satu caranya adalah dengan tes mengambang, yaitu dengan menaruh telur ke dalam baskom yang berisi air. Jika telur langsung tenggelam dapat dipastikan telur yang anda beli masih bagus dan segar. Bagaimana jika telur yang tenggelam di dasar baskom tapi dalam posisi tegak? Artinya, telur masih layak konsumsi, tapi sudah mulai tidak bagus kondisinya. Maka, segeralah diolah. Sebaliknya jika telur mengambang, maka anda harus membuang telur ke tempat sampah.

Telur yang baik juga bisa dilihat dari kondisi cangkangnya. Jika cangkang utuh, maka telur biasanya dalam kondisi bagus, sepanjang sudah lolos tes di atas. Warna kuning dari telur segar juga cerah dan bulat. Kondisi telur yang sudah tak bagus biasanya warna kuning telur lebih pucat, datar, dan putih telurnya sedikit cair.

Agar kondisi telur tetap segar anda dapat menyimpan telur pada suhu rendah atau dapat disimpan dalam suhu kamar. Agar telur tetap terjaga, sebaiknya telur ditempatkan pada karton kompartemen utama bukan di pintu lemari es yang tidak cukup dingin. Telur yang disimpan dilemari es dapat terjaga kesegarannya. Namun, kondisinya akan terus menurun setiap harinya.

Tahukah anda, jika anda dapat mengawetkan telur secara praktis dan mudah. Cara tersebut yaitu dengan memecahkan telur dan mengocoknya bersama-sama, kemudian dimasukkan dalam freezer. Dengan cara ini telur dapat bertahan sampai satu tahun, menakjubkan bukan, selain itu anda dapat membekukan kuning telur yang sudah dipisahkan dengan putih telur secara terpisah. Pembekuan tidak disarankan jika telur masih dalam cangkang karena dipermukaan cangkang telur terdapat jutaan bakteri yang tidak hilang jika dicuci.  

Loading...




Loading...




Cerita Unik Lainnya