Awas Berbahaya, Jangan Biarkan Orang Dewasa Langsung Mencium Bayi Yang Baru Lahir

Posted on 2018-09-17 19:39



Bayi selalu menggemaskan bagi orang dewasa, rasanya saat melihat bayi yang imut, orang dewasa ingin menggendong dan juga mencium si kecil. Namun faktanya aksi mencium langsung seorang bayi yang baru lahir, bisa beresiko bagi kesehatan si bayi.

Di sosial media sudah dilakukan kampanye #dontkissthebabies untuk memperingatkan orang dewasa agar nggak sembarangan mencium bayi baru lahir. NSW Health menyebutkan anak-anak terutama bayi baru lahir memiliki risiko tinggi mengalami penyakit infeksi karena sistem imunnya belum terbentuk sempurna. Apalagi bayi prematur dan bayi yang sedang sakit, risikonya kena penyakit infeksi lebih tinggi.

Dalam booklet-nya, The Going Home menyebutkan sistem imun bayi umumnya baru terbentuk saat usia satu bulan. Untuk itu, orang tua harus berhati-hati ketika ada tamu yang menjenguk si kecil. Dalam artian pastikan si tamu sudah mencuci tangannya dengan air dan sabun sebelum menyentuh bayi.

"Direkomendasikan juga supaya orang dewasa yang sedang sakit nggak mendekati bayi dan asal mencium bayi baru lahir. Kemudian sebaiknya orang tua menghindari mengajak anak ke tempat ramai," kata The Going Home dikutip dari Essential Baby.

Loading...

Dampak ketika orang dewasa sembarangan mencium bayi baru lahir nggak main-main, Bun. Tahun lalu, ibu bernama Brianna Nichols mengunggah foto bayinya yang sulit bernapas karena mengalami infeksi pernapasan. Brianna bilang jangan sembarangan membiarkan orang lain mencium si kecil dan pastikan orang dewasa yang hendak kontak dengan bayi mencuci tangan lebih dulu.

"Pastikan juga mereka sehat. Orang tua perlu tahu bahaya RSV (Respiratory Syncytial Virus), infeksi pernapasan yang bisa berakibat fatal pada bayi. Kita semua senang dengan bayi tapi ketika batuk atau pilek tolong jangan mendekat," tutur Brianna.

Pada orang dewasa, RSV terlihat seperti batuk dan pilek ringan. Namun pada bayi kondisi ini bisa membuatnya susah bernapas. dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan sebisa mungkin hindari mencium bayi saat menjenguknya. Sebab jika kita sedang pilek atau radang tenggorokan, besar kemungkinan si bayi akan tertular.

"Radang tenggorokan atau sore throat merupakan salah satu penyakit yang disebabkan infeksi, bisa karena virus maupun bakteri. Betul, virus maupun bakteri bisa mudah menular lewat percikan air liur orang yang sakit dan ada di sekeliling kita. Sembarangan cium bayi baru lahir juga bisa menularkan penyakit berbahaya lain seperti infeksi mononukleosis, herpes, hingga flu Singapura," tutur dr Meta.




Loading...




Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-05-12 14:02