Asam Urat? Atasi Dengan Bahan Herbal Ini

Posted on 2016-04-23 18:20



Ada banyak penyebab penyakit asam urat. Asam urat disebabkan oleh banyaknya zat putin di dalam tubuh. Zat ini masuk ke dalam system metabolisme tubuh dan berkembang menjadi asam urat. Apabila kadar asam urat di dalam tubuh berjumlah sangat banyak maka akan menggangu kinerja organ ginjal. Ginjal yang terganngu tidak mampu membuang asam urat yang berlebih di dalam tubuh. Sehingga mengakibatkan pembekakan, radang, rasa nyeri dan kaku pada bagian tubuh. Dalam artikel ini akan membahas aneka obat tradisional yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati dan meringankan asam urat.

 1. Jahe

Selain dijadikan bahan untuk pengilahan makanan dan minuman, jahe juga dipercaya sebagai obat asam urat. Anda dapat mudah menemukannya di pasar tradisional terdekat. Cara penggunaannya adlah merebus jahe yang dipotong kecil untuk dijadikan segelas minuman jahe. Setelah itu campur gula dan madu agar dapat dikonsumsi dengan nyaman. Minum ramuan ini secara teratur dua kali sehari.

2. Cengkeh

Loading...

Pada umunya cengkeh banyak dimanfaatkan dalam industri rokok. Mungkin anda tidak menyangka jika cengkeh dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat herbal untuk mengatasi asam urat. Cengkeh dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit asam urat. Jika Anda ingin hasil yang lebih optimal, maka ada baiknya jika Anda menggabungkan atau memadukan cengkeh dengan jahe. Caranya adalah dengan menumbuk cengkeh sampai halus dan mengoleskan obat tradisional asam urat yang ampuh ini ke bagian tubuh yang mengalami rasa nyeri.

3. Kumis Kucing dan Meniran

Bahan ini cukup sulit ditemukan karena memnag jarang tumbuh di alam kecuali dibudidayakan atau ditanam sendiri. Kumis kucing dan meniran sejak dahulu memang dipercaya dapat menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi asam urat. Hal ini karena kumis kucing dan meniran mengandung zat seperti tannin, hipoflatin, kalium, filatin, dammar serta flavonoid. Beberapa zat tersebut akan sangat membantu tubuh dalam melawan penyakit asam urat. Untuk mendapatkan obat tradisional asam urat seperti ini, jadikan kumis kucing dan meniran sebagai minuman dengan merebusnya dan tambahkan sedikit gula atau madu.

Jika anda sedang menderita asam urat, selain mengkonsumsi obat herbal di atas, anda perlu mengetahui dan memperhatikan pantangan yang harus anda hindari. Jenis makanan yang harus anda hindari antara lain jenis makanan jeroan seperti jantung, paru-paru, hati, dan lainnya. Selain jeroan usahakan anda untuk mengurangi makanan dari olahan daging seperti dendeng dan rendang. Tak hanya itu makanan dari olahan seafood harus patut anda hindari pula. Namun, hal yang paling mendasar untuk menjaga kesehatan adalah minum air secara rutin dengan jumlah yang dianjurkan yaitu dua liter atau setara 8 gelas sehari. Air putih membawa efek positif karena air putih berguna untuk melancarkan kinerja ginjal. Apabila kinerja ginjal baik makan ginjal mampu menyaring asam urat dengan baik dan membuangnya melalui saluran kencing.




Loading...




Cerita Unik Lainnya