Apa? Karyawan Pabrik di Batam Adalah Paling Banyak Terinfeksi HIV? Baca Ulasan Berikut

Posted on 2016-05-11 20:36



Karyawan dan buruh yang bekerja jauh dari tempat tinggal adalah potensi besar dalam perkembangan infeksi virus HIV. Salah satu kasusnya ialah terdapat di Batam, Kepulauan Riau. Menurut data yang didapat dari Dinas Kesehatan Kota Batam tahun 2015, terdapat 163 karyawan atau buruh pabrik yang terinfeksi HIV.

"Berdasarkan kelompok pekerjaan, yang paling banyak terinfeksi HIV itu buruh pabrik. Di Batam, 63 persen penduduknya adalah pekerja di pabrik," ujar Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Batam, Sri Rupiati, di Batam, Jumat (22/4/2016)

Sri menjelaskan alasan mengapa pekerja yang berada di Batam mayoritas adalah pendatang. Mereka jauh dari tempat tinggal untuk bekerja di Batam. Hal ini yang sangat rawan yaitu selain jauh dari tempat tinggal mereka juga jauh dari istri mereka. Daerah Batam yang sangat dekat dengan Singapura juga banyak ditemukan lokalisasi prostitusi. Para pekerja itu pun menjadi rentan terinfeksi HIV karena menjadi pelanggan pekerja seks dan melakukan hubungan seks yang tidak aman.

Menurut data tahun 2015, ditemukan 638 orang terinfeksi HIV dari 12.000 orang yang dites. Setelah karyawan pabrik, ibu rumah tangga menempati posisi kedua terbanyak di antara mereka yang terinfeksi HIV, yaitu 114 orang. Kemudian, wanita pekerja seksual menempati posisi ketiga terbanyak, yaitu 87 orang. "Ibu rumah tangga ini kebanyakan tertular dari suaminya," kata Sri.

Loading...

Kasus ini menjadi momok yang menakutkan karena akan berdampak secara luas dan berkelanjutan. Jika sebagian ibu rumah tangga tertular oleh virus HIV hamil, maka akan berdampak buruk bagi bayi yang dikandung. Langkah utama yang sangat penting ialah melakukan tes HIV sejak dini. Cara ini merupakan salah satu bentuk pencegahan dari penyebaran HIV di Batam. Jika dalam tes tersebut positif HIV, mereka yang telah dites akan langsung diberi konseling dan konsumsi antiretroviral.

Semoga bermanfaat




Loading...




Cerita Unik Lainnya