Alasan Mengapa Penderita Diabetes Harus Selalu Memakai Alas Kaki

Posted on 2016-05-12 13:50



Diabetes adalah sebuah penyakit yang mengerogoti anggota tubuh dengan perlahan. Penyakit diabetes sendiri disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Hal ini lah yang tidak baik oleh tubuh anda. Biasanya penderita diabetes akan mengalami luka. Luka ini akan sulit sekali untuk disembuhkan. Resiko paling besar adalah jika luka berada di telapak kaki anda.

"Alas kaki harus selalu dipakai, bahkan di dalam rumah. Tujuannya untuk mencegah adanya luka," kata dr.Wismandari Wisnu, Sp.PD-KEMD, FINASIM, dari RS.Pondok Indah Jakarta.

Ia menjelaskan dengan tidak memakai alas kaki akan menimbulkan luka yang tidak disadari. Jika ada luka pada kaki memang tidak terasa sakit. Akan tetapi hal inilah yang tentu berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi.

"Ada pasien saya yang tidak sadar kena beling atau kukunya copot, padahal kejadiannya sudah dari dua hari lalu," ujar dr.Wisma.

Loading...

Luka yang telah ada harus segera di obati. Jika tidak luka akan membesar dan membuat kaki akan hancur perlahan akibat adanya infeksi.

"Kalau berdarah, cuci di bawah air mengalir untuk menghentikan perdarahan, lalu tekan dengan kain kasa dan tutup lukanya. Tapi kalau lukanya sudah dua hari, segera bawa ke dokter karena biasanya sudah infeksi," paparnya.

Sebagian penderita diabetes beranggapan bahwa berjalan tanpa alas kaki adalah tanpa resiko. Justru anggapan ini lah yang mempercepat terjadinya luka yang sukar untuk diobati dan berisiko terjadi infeksi. Untuk mencegah terjadi luka pada kaki adalah dengan menggunting kuku kaki secara teratur dan selalu memakai alas kaki dimanapun.

Semoga bermanfaat.


Loading...




Cerita Unik Lainnya