Alasan Mengapa Mengapa Hari Senin Dibenci, Berikut Alasan Ilmiahnya

Posted on 2016-05-10 23:47



Apakah anda salah satu seseorang yang membenci hari senin? Hari senin memang banyak dibenci oleh sebagian orang yang butuh hari libur yang lebih. Slogan “I hate Monday” memang sudah melekat pada sebagian orang yang sulit move on dari hari minggu. Namun, dibalik istilah “I hate Monday” ternyata menampilakan sebuah alasan dan dapat dijelaskan secara ilmiah. Bila anda mengalami sebuah sindrom “I hate Monday” mari baca ulasannya dibawah ini.

Anda tidak menyukai pekerjaan

Menurut responden pada suatu studi membuktikan 70 % orang membenci hari senin dan bosan dalam menikmati pekerjaannya. Ini meningkatkan terjadinya "Monday Blues”, yaitu perasaan depresi dan kecemasan yang dimulai pada Minggu malam, yang mengarah pada hari Senin yang kurang produktif.

Pergantian waktu

Loading...

Memulai hari kerja disaat selesai berakhir pekan memanglah cukup membuat anda tegang. Fakta ini mengacu pada perubahan emosional yang cukup besar pada hari minggu. Dalam percobaan pada sebuah penelitian, ilmuwan meminta relawan untuk mengingat dan memilih hari yang terburuk. Hasilnya cukup mengejutkan dan mereka mengatakan hari senin adalah hari terburuk.

Perubahan pola tidur

Walau hanya tidur satu jam saja. Hal ini bisa dinilai sebagai penggangu siklus tidur anda. Kebanyakan orang tidak menyadari hal ini dan lebih memilih untuk tidur sepanjang hari disaat akhir pecan demi mengganti waktu tidur yang hilang selama hari kerja. Menurut ilmuan, Menurut para ilmuwan, mengambil jam tidur ekstra di akhir pekan hanya akan membuat Anda lebih lelah sehingga membuat Anda kesulitan untuk bangun pagi pada hari Senin. Bagaimanapun, utang tidur tak akan bisa tergantikan. Cara untuk menggantinya adalah tidur yang cukup dalam beberapa malam ke depan.

Tubuh kurang sehat

Orang yang rajin berolahraga dan diet akan mengalami penurunan kesehatan pada awal minggu. Salah satunya ialah tekanan darah yang tinggi. Para ilmuwan menemukan, bahwa hari senin merupakan hari paling umum mengidap serangan jantung.

Kenyamanan sosial

Menurut ilmuwan, lingkungan rumah lebih terasa nyaman dari pada lingkungan kerja. Hal ini mengakibatkan rasa enggan untuk bekerja di hari senin. Selain itu, pada sebuah studi mengatakan bergosip dan berinteraksi dengan rekan kerja adalah solusi untuk mengatasi ketidak nyamanan tersebut. Hal tersebut membuat anda aka merasa diterima dan bersemangat dalam bekerja.

Seperti itulah alasan yang dapat dijelaskan secara ilmiah mengapa hari senin paling banyak dibenci orang. Semoga bermanfaat.




Loading...




Cerita Unik Lainnya