5 Manfaat Penting Makanan Pedas Untuk Kesehatan

Posted on 2016-05-17 23:41



Beberapa daerah di Indonesia sangat indentik dengan masakan pedas. Salah satunya ialah masakan padang yang sangat terkenal dengan bumbu yang banyak mengandung cabe dan pedas. Bagi seseorang yang kurang tahan akan masakan pedas tentu akan mengakibatkan masalah pencernaan. Hal tersebut karena masakan pedas memiliki sensasi yang panas. Namun, jika anda tahu makanan pedas ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan juga. Lantas, apa saja manfaat tersebut? Berikut penjelasannya.

Sebuah fakta menjelaskan bahwa makanan pedas dapat meningkaykan pembakaran kalori. Tak heran jika setelah makan masakan pedas akan berkeringat. Selain itu, kalori yang terbakar dengan baik akan menurunkan resiko obesitas. Berikut 5 manfaat yang dilansir dari laman Boldsky:

1. Membantu pernafasan

Manfaat yang pertama adalah sebagai obat untuk melancarkan pernafasan. Kombinasi cabe dan kunyit adalah yang pas. Kunyit dan cabe merupakan ramuan kuno yang sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional India. Perpaduan kedua bahan ini dapat membantu mengurangi iritasi pada paru-paru akibat dari polusi di sekitar kita.

2. Menurunkan berat badan

Jika anda ingin menurunkan berat, makanan pedas lah solusinya. Makanan pedas akan memberikan sensasi dan efek pedas sehingga mampu membakar kalori dalam tubuh. Ketika kalori terbakar tentu anda akan terhindar dari obesitas. Sebelum mencoba cara ini, anda sebaiknya berpikir dengan baik dahulu, karena makanan pedas sangat tidak baik untuk lambung anda.

3. Pencegah kanker

Manfaat ketiga yang tak kalah pentingnya ialah sebagai pencegah penyakit kanker. Menurut American Association of Cancer Research, senyawa dalam cabai yang dikenal sebagai capsaicin, memiliki kemampuan untuk membunuh beberapa kanker dan sel-sel leukemia.

4. Sebagai denkongestan

Pada umumnya, makanan pedas bermanfaat untuk mengurangi sinusitis, yaitu membantu mengatasi hidung yang tersumbat. Cabe sama seperti lada, ketika anda mengonsumsi bahan ini, anda akan merasakan suhu tubuh anda meningkat dan efektif dalam menangani demam akibat gejala flu.

5. Mengurangi resiko alzheimer

Makanan pedas yang ditambah dengan kayu manis atau daun mint, bisa mengurangi gejala Alzheimer. Dalam beberapa studi, daun mint bisa meningkatkan ingatan.  Namun penelitian akan ini masih terus dilakukan.

Sekian penjelasan tentang manfaat besar dari makanan pedas. Perlu anda ketahui, makanan pedas akan bermanfaat jika dikonsumsi dengan kebutuhan yang pas dan sesuai dengan kemampuan lambung anda dalam mencerna makanan pedas. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-05-04 23:21