5 Makanan Penyebab Batu Empedu, Anak Muda Wajib Baca Sebelum Terlambat

Posted on 2016-05-05 18:02



Apakah anda tahu apa itu batu empedu? Istilah batu empedu adalah sebuah istilah medis yang disebut cholelitiasis yaitu penyakit yang disebabkan oleh pengerasan cairan empedu. Asalkan anda tahu, cairan dalam empedu memiliki fungsi sebagai pencerna lemak. Cairan empedu dapat mengeras karena disebabkan oleh banyaknya lemak yang menumpuk dan rak sempat dicerna oleh empedu. Cairan empedu yang mengeras berukuran bervariasi, ada yang seukuran pasir bahkan sebesar kerikil. Penyakit batu empedu cenderung menyerang kelompok dengan usia berkisar 40 tahun-an. Tidak sedikit pula menyerang kelompok di usia muda.

Jika anda mengalami batu empedu, anda akan merasakan sakit perut pada bagian kanan. Salah satu upaya mengatasinya ialah operasi pengangkatan kantong empedu. Meski kantung empedu sangat penting, faktanya manusia dapat hudip tanpa kantung empedu. Lantas apa saja faktor-faktor penyebab batu empedu?

Kesehatan tak lepas dari makanan yang kita konsumsi. Jika kita hidup dengan makanan sehat makan tubuh kita akan sehat pula. Batu ginjal banyak disebabkan oleh pola makan dan makanan yang tak sehat. Lalu apa saja makanan tak sehat yang mengakibatkan batu empedu? Mari kita simak dalam artikel ini.

1. Daging

Loading...

Tahukah anda jika mengonsumsi daging dapat beresiko menderita batu ginjal? Konsumsi daging memang diperlukan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan protein. Untuk mejaga kesehatan alangkah baiknya kita membatasi konsumsi daging dan mengonsumsi daging tanpa lemak. Lemak yang terkandung dalam daging ialah masalah utama penyebab batu empedu.

2. Unggas

Beberapa unggas seperti bebek dan puyuh mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Kolesterol adalah salah satu faktor terbesar penyebab batu empedu. Selain mengakibatkan kegemukan, penumpukan kolesterol yang terlalu banyak memicu batu ginjal. Tahukah and ajika telur dan bagian kulit ungags ternyata adalah sumber kolesterol terbesar? Saran yang bisa disampaikan adalah dengan membatasi mengonsumsi olahan unggas secara bijak.

3. Makanan Yang Mengandung Oksalat

Zat oksalat adalah zat sejenis asam yang dapat mudah membentuk kristal. Oksalat juga menjadi masalah terbesar penyebab batu empedu. Batas aman konsumsi makanan yang mengandung oksalat adalah sekira 50 mg per hari. Jenis makanan yang mengandung oksalat di antaranya biji-bijian, teh, cokelat, dan gandum. Selain itu buah strawberry juga mengandung oksalat.

4. Garam

Konsumsi garam berlebih memang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Garam dapat menyebabkan darah tinggi serta peradanga pada usus. Namun ternyata, selain itu, konsumsi garam yang berlebihan juga dapat menyebabkan pengerasan batu empedu semakin parah. Sebaiknya batasilah konsumsi makanan mengandung garam dalam keseharian anda.

5. Gorengan

Gorengan mengandung banyak lemak jenuh. Lemak jenuh dalam gorengan didapat dari proses pengolahannya yaitu saat digoreng. Sampai saat ini tidak ada gorengan yang benar-benar sehat. Jika anda sulit menghindari gorengan, anda dapat menganti minyak goreng anda dengan minyak zaitun.  Menggoreng dengan minyak zaitun dipercaya menyehatkan tubuh karena lemak jenuh yang rendah. Minyak goreng yang sehat adalah minyak yang tidak mengandung minyak kelapa, lemak hewan, dan margarin.

Semoga bermanfaat.


Loading...




Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-04-24 05:50