5 Langkah Sederhana Cegah Diabetes Paling Efektif Sejak Dini, Anak Muda Wajib Baca!

Posted on 2016-05-09 23:53



Peningkatan kadar gula secara drastis sangatlah buruk. Dampak buruk yang didapat adalah mengakibatkan gangguan komplikasi pada tubuh anda. Penyakit yang akan muncul jika tubuh anda mengalami lonjakan kadar gula darah ialah diabetes. Diabetes disebabkan oleh tinggi zat glukosa dalam tubuh. Umumnya, glukosa diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Namun, kadar glukosa yang tinggi dalam tubuh akan merusak organ lain dalam tubuh.

Ketika anda makan, karbohidrat yang ada dalam tubuh akan dipecah dan selanjutnya menjadi gula atau glukosa. Selanjutnya gula akan mengalir keseluruh tubuh dan membangkitkan energi dalam tubuh anda. Namun, sebelum menjadi energi, terlebih dahulu glukosa harus melewati sebuah pintu agar bisa masuk ke sel-sel di tubuh kita. Hormon yang memiliki peranan untuk membukakan pintu tersebut adalah hormon insulin. Hormon insulin sendiri dihasilkan oleh pankreas. Kadar gula tetap dibutuhkan oleh tubuh, akan tetapi harus dalam batasan kisaran angka tertentu. Kadar gula normal ialah

  • Sebelum makan sebesar 70 sampai 130 mg/dl.
  • Dua jam setelah makan kurang dari 180 mg/dl.
  • Jika tidak makan (puasa) setidaknya selama 8 jam maka kadar gula darah akan kurang dari 100 mg/dl.
  • Menjelang kita tidur kadar gula darah sebesar 100 sampai 140 mg/dl.

Selain itu yang perlu anda ketahui sebelum menderita diabetes adalah dengan melakukan pencegahan sejak dini. Ada banyak cara sederhana yang dapat anda lakukan dan tanpa bantuan medis. Anda dapat melakukan pencegahan lewat merubah kebiasaan tidak sehat anda. Lalu, bagaimana pencegahannya? Mari kita simak dalam artikel ini.

1. Aktif Bergerak

Loading...

Jika anda jarang melakukan aktifitas tentu akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh anda. Aktif bergerak ialah cara sederhana yang dapat anda lakukan jika ingin melakukan pencegahan diabetes sejak dini. Dengan aktif bergerak secara tidak sadar anda telah menurunkan kadar gula sekaligus meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh anda. Salah satu hal sederhana yang dapat anda coba ialah dengan aktif berjalan kaki. Jangan menyepelekan aktifitas kecil ini. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang berjalan kaki setiap hari akan menurunkan resiko untuk terkena diabetes hingga 30%.

2. Hindari Minuman Manis

Apakah anda tahu jika minuman manis seperti minuman bersoda, maupun minuman berkemasan botol atau sejenisnya ialah penyebab meningkatnya kadar gula dalam tubuh? Mengonsumsi minuman yang tadi disebutkan ialah kebiasaan kebanyakan anak muda. Mengonsumsi minuman yang manis akan meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh anda. Cara sederhana untuk cegah diabetes ialah dengan minum air putih secukupnya atau dengan anjuran 8 gelas per hari.

3. Hindari Stres

Stres ialah menyumbang dan penyebab penyakit yang paling umum. Stres adalah salah satu penyebab diabetes. Jika anda stres, maka hormone dalam tubuh anda akan menaikkan kadar glukosa dalam tubuh anda. Maka dari itu sangat penting jika anda menghindari stres jika tidak ingin beresiko menderita diabetes.

4. Penuhi Vitamin D

Apakah anda tahu fungsi vitamin D? Vitamin D kebanyakan berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya berguna untuk kesehatan tulang, vitamin D berperan aktif dalam mengendalikan kadar gula. Maka dari itu sangat penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin D anda. Salah satu cara sederhana untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur pada matahari sebelum jam 9 pagi.

5.Hindari Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan akan meningkatkan resiko untuk terkena diabetes. Karena itulah, hindari asupan makanan yang dapat meningkatkan berat badan. Rutinlah berolah raga agar proses metabolisme juga meningkat.

Seperti itulah langkah sederhana cegah resiko menderita diabetes dari sekarang. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga bermanfaat.




Loading...




Cerita Unik Lainnya