5 Bahaya Jika Tidak Sengaja Menelan Pasta Gigi. Seperti ini Cara Mengatasinya

Posted on 2016-05-06 23:17



Membersihkan gigi merupakan kegiatan penting untuk merawat kesehatan mulut. Menggosok gigi setiap hari membuat gigi kita terlihat putih dan kuat. Pada umumnya, menggosok gigi menggunakan pasta gigi. Sering kali pasta gigi tertelan ketika menggosok gigi bukan. Tanpa anda sadari ada resiko bahaya yang mengancam anda. Pasta gigi terbuat dari bahan dasar kimia. Hal inilah yang membuat pasta gigi berbahaya jika tertelah karena adanya bentuk penolakan pada tubuh. Lantas apa resikonya? Mari anda simak informasi di bawah ini.

Badan menjadi kejang-kejang

Resiko yang fatal adalah tubuh anda akan mengalami kejang-kejang. Hal ini disebabkan ketika menelan pasta gigi dengan jumlah yang banyak. Resiko ini biasanya dialami oleh anak-anak yang belajar untuk sikat gigi. Maka dari itu diharapkan perlunya perhatian orang tua dalam mendampingi anaknya ketika mandi.

Diare

Loading...

Segala yang anda makan jika asing menurut tubuh akan mengakibatkan diare. Diare yang dialami ini disebabkan karena sifat pasta gigi yang tidak sesuai dengan pencernaan. Meski demikian masih ada orang yang tahan jika tidak sengaja menelan pasta gigi ketika sikat gigi. Hal ini disebabkan kekebalan tubuh manusia yang dimiliki lebih kuat dan kebal dalam mencerna.

Mulut terasa asin

Pernahkan anda merasa mulut anda terasa asin ketika tidak sengaja kemasukan sabun kedalam mulut anda? Rasa asin sendiri sama seperti yang dimiliki oleh pasta gigi jika anda menelannya terlalu banyak. Meskipun rasa asin yang dihasilkan tidak terlalu membawa efek buruk, hanya saja sensasi rasa asin tersebut membuat anda terganggu bukan?

Detak jantung melambat

Jika anda tidak sengaja menelan pasta gigi baik itu masih berupa pasta maupun busa tentu akan membawa dampak buruk bagi kesehatan. Resiko yang dapat anda dapat ialah gangguan detak jantung. Seperti kejang-kejang, sudah pasti detak jantung anda akan melambat. Jika detak jantung terus-nenerus melambat akan menyebabkan gagal jantung dan mengakibatkan kematian.

Mual dan muntah

Tidak sengaja menelan pasta gigi sanagt berdampak buruk bagi pencernaan. Ketika pasta gigi masuk ke dalam sistem pencernaan, tubuh anda akan mulai menolaknya dengan memberikan gejala mual dan kemudian muntah. Perut yang mual dan rasa ingin muntah ini disebabkan karena daya tahan dan metabolisme pada tubuh mengalami penurunan fungsi sehingga menyebabkan  tubuh menjadi gemetar yang tentu merangsang perut dan sistem pencernaan yang membuatnya merasa tidak nyaman atau dalam kata lain membuat rasa mual dan ingin muntah.

Solusi untuk mencegah menelan pasta gigi adalah dengan tidak menggunakan pasta gigi secara berlebihan. Penggunaan pasta gigi yang benar hanya sebatas ujung pasta gigi saja. Tidak dianjurkan jika anda memenuhi sikat gigi anda dengan pasta gigi. Selain itu usahakan kumur dengan tidak terburu-buru dan cepat. Hal ini justru membuat sebagian pasta gigi tertelan. Lakukan dengan santai dan perlahan ketika berkumur.

Semoga bermanfaat.


Loading...




Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-04-28 00:15